Follow detikFinance
Kamis, 08 Mar 2018 10:25 WIB

Karyawan Bank Menyusut, BRI: Ini Faktor Alami

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Jumlah pegawai PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sepanjang 2017 tercatat 92.898 orang. Jumlah ini turun 475 orang dibandingkan periode 2016 sebanyak 93.333.

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto menjelaskan, berkurangnya jumlah pegawai di perseroan adalah hal yang wajar. "Ini adalah faktor alamiah yang terjadi," kata Bambang saat dihubungi detikFinance, Kamis (8/3/2018).

Dia menjelaskan, BRI terus melakukan regenerasi dan selective growth untuk pegawai. Menurut Bambang di antaranya mengangkat pekerja kontrak sebagai pekerja tetap.


"Jadi secara tren jumlah pekerja tetap BRI meningkat setiap tahunnya," ujar Bambang.

Bambang mengungkapkan BRI terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas pekerja secara bertahap. Ini juga dilakukan berbarengan dengan peningkatan kualita sumber daya manusia (SDM).

Selain itu BRI juga melakukan shifting pekerja di bidang support menjadi ke bidang bisnis. "Secara paralel kami juga melakukan business process re-engineering agar memberikan pelayanan lebih cepat, lebih mudah dan lebih efisien," ujarnya.



Untuk meningkatkan kualitas SDM BRI memiliki BRI Corporate University yang memiliki program pendidikan yang berkualitas dan selaras dengan kebutuhan pengembangan bisnis dalam rangka mendukung perusahaan.

BRI Corporate University memiliki 6 akademi, yakni Mircro Banking, Retail and Consumer Banking, Wholesale Banking, IT Operation and Support, Leadership and Human Capital dan Subsidiary Management. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed