Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Mar 2018 10:25 WIB

Tarik Kredit Lebih Mudah Lewat Aplikasi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Financial technology (Fintech) kini menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk mendapatkan kredit selain dari perbankan dan multifinance.

Dalam memberikan kredit, fintech memberikan kemudahan seperti tanpa survei, hanya menggunakan aplikasi dan proses yang dibutuhkan terbilang cepat.

CEO Modalku Reynold Wijaya menjelaskan kredit melalui fintech memang membidik masyarakat yang belum tersentuh akses perbankan.

"Kemudahan yang diberikan oleh fintech sebenarnya paling utama adalah akses. Karena kebanyakan dari mereka tidak bisa mendapatkan pinjaman sama sekali," kata Reynold saat dihubungi detikFinance, Senin (19/3/2018).

Dia menjelaskan orang-orang yang sulit mendapatkan akses kredit adalah masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah namun belum memiliki agunan dan pencatatan keuangan yang baik.

"Biasanya mereka minim agunan, data serta usia yang sudah terlalu tua sehingga ini lebih berisiko (jika kredit di bank), karena itu risiko tinggi otomatis bunga harus tinggi agar sustainable," ujar dia.



Menurut Reynold bunga yang diberikan oleh fintech masih dalam batas wajar.

Investree salah satu penyedia P2P Lending di Indonesia memberikan kemudahan kepada calon peminjam.

"Calon borrower (peminjam) dapat mengajukan pinjaman kapanpun mereka membutuhkannya," kata CEO Investree Adrian Gunadi.

Dia menjelaskan proses peminjaman 100% online, tanpa persyaratan melelahkan.

"Seluruh tahapan dilakukan secara online tanpa melibatkan proses administrasi yang rumit dan menyita waktu," tambah dia.

Di Indonesia, fasilitas kredit yang diberikan melalui online sudah ada beberapa jenis. Mulai dari kredit untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kredit konsumsi seperti kredit handphone dan barang lain, bahkan yang terbaru kredit untuk uang muka perumahan.

Saat ini sudah ada beberapa fintech yang menyediakan layanan peer to peer lending ini seperti Investree, Koinworks, Modalku, Kredivo, Uang Teman, Gradana dan beberapa fintech lain.



(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com