Ini PR Perry Warjiyo Gubernur Baru BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 28 Mar 2018 17:57 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Perry Warjiyo telah dipilih secara musyawarah dan mufakat oleh Komisi XI DPR RI menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Perry akan menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatan Mei 2018.

Dalam kesempatan yang sama, Komisi XI DPR RI juga memilih Dody Budi Waluyo menjadi Deputi Gubernur BI yang nantinya menggantikan Perry. Dody sebelumnya bersaing dengan Wiwiek Sisto Widayat dan Doddy Zulverdi.


Komisi XI DPR RI pun memiliki harapan kepada Perry dan Dody yang menakhodai BI beberapa tahun ke depan. DPR berharap nilai tukar rupiah dan inflasi bisa terjaga lebih baik.

"Harapan kami komisi XI jaga stabilitas kurs dan inflasi agar bisa lebih baik, karena di kurs ada gangguan kita langsung panik. Padahal ekonomi kita sedang sehat dan baik ini kontradiksi ya," kata Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (28/3/2018).


Selain itu, ia berharap nakhoda baru BI bisa mendorong penguatan rupiah.

"Likuiditas dolar (AS) kita ini sangat kurang supaya orang-orang yang pinjam duit dolar atau rupiah hasil ekspornya masuk di Indonesia mata uang lokal, sehingga dolar kita nggak kurang likuiditas," ujar Mekeng. (ara/hns)