Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Mar 2018 10:45 WIB

Ganjal Pakai Tusuk Gigi untuk Bobol ATM Masih Terjadi, Kok Bisa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi Pembobolan ATM (Foto: Ghazali Dasuqi) Ilustrasi Pembobolan ATM (Foto: Ghazali Dasuqi)
Jakarta - Pencurian uang dalam rekening nasabah masih kerap terjadi. Modusnya beragam mulai dari yang canggih dengan skimming atau yang 'jadul' menggunakan tusuk gigi sebagai pengganjal di mulut kartu.

Sudah zaman modern kenapa modus ganjal mesin pakai tusuk gigi masih terjadi?

Analyst Digital Forensic Ruby Alamsyah menjelaskan modus ini adalah murni pencurian karena digunakan tanpa teknologi sama sekali.

"Itu pelaku lokal, modusnya konvensional tanpa teknologi sama sekali. Modus itu sebenarnya bisa dilakukan siapa saja tanpa skill dan alat khusus, cukup pelajari saja. Tools murah dan murah didapat," kata Ruby saat dihubungi detikFinance, Kamis (29/3/2018).


Selain itu Ruby menjelaskan, modus ini menggunakan teknik tambahan untuk mengelabui korban dengan bekerja sama rekanan pelaku.

"Jadi ada yang pura-pura sebagai penolong, ada yang bertugas mengintip PIN ada yang bertugas ambil kartu ATM korban dan menukarnya dengan kartu ATM lain. Modusnya memang berkelompok," ujar dia.

Sekadar informasi beberapa hari lalu ditemukan benda mencurigakan di lubang kartu ATM Bank Mandiri di Mojokerto. Namun alat tersebut bukanlah skimmer, alat yang terbuat dari plastik itu diduga digunakan untuk menguras tabungan nasabah dengan menggunakan modus mengganjal ATM.


Adanya benda mencurigakan di mesin ATM Mandiri ini diketahui setelah ada nasabah yang kartu ATM-nya tak bisa keluar pada hari Sabtu (24/3/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.

Korban lantas menghubungi call center Bank Mandiri yang tertera di mesin ATM. Sekitar sejam kemudian, teknisi dari bank datang dan menemukan benda mencurigakan di slot kartu ATM yang sempat diduga skimmer. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com