Follow detikFinance
Rabu, 04 Apr 2018 16:13 WIB

100 Bank Siap Pakai Logo GPN di Kartu Debit

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta - Sebanyak 100 bank siap menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di kartu debitnya. Logo tersebut digunakan untuk memudahkan transaksi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng mengatakan saat ini sudah ada sekitar 97 bank yang telah mendapatkan izin untuk menggunakan logo GPN. Angka tersebut masih di bawah target sebanyak 100 bank.

"Ada 97 bank sudah dapat izin. Targetnya sekitar 100," katanya usai Seminar Seminar Tren Ekonomi Digital di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Ia memaparkan, logo tersebut juga akan diterbitkan pada bulan April mendatang. Dengan begitu pada bulan depan akan ada penggunaan logo di kartu debit secara serempak.


"April ini akan diterbitkan dan kami akan undang juga. Akan istilahnya kick off lah mengenai penggunaannya logo secara massal," jelasnya.

Sementara itu, GPN merupakan program pemerintah untuk dapat mendukung interkoneksi dan interoperabilitas sistem pembayaran nasional, sehingga mendorong efisiensi dan kemudahan dalam bertransaksi.

Implementasi GPN diharapkan bisa mempermudah masyarakat jika ingin bertransaksi menggunakan kanal pembayaran apapun. Sebelumnya, masyarakat masih disulitkan jika ingin bertransaksi dengan kartu ATM atau debit bank A di mesin EDC bank B, biasanya masih dikenakan sejumlah biaya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed