Follow detikFinance
Senin, 09 Apr 2018 11:52 WIB

Sebelum Pensiun, Agus Marto Percepat Kartu Debit Pakai Chip

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bank Indonesia (BI) meminta para perbankan nasional untuk mempercepat penggunaan chip pada kartu debit. Hal itu untuk mengantisipasi tindak kejahatan sektor keuangan seperti skimming.

"Tetapi karena adanya kejadian-kejadian skimming dan lain-lain kita ingin dipercepat, dan ini yang kita sudah bicarakan dipercepat dari apa yang diatur dalam peraturan Bank Indonesia," kata Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di Komplek Istana, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Dia mengatakan percepatan ini juga tetap secara bertahap namun juga perlu dipikirkan agar tidak memberatkan pihak perbankan dan juga masyarakat.

Komitmen perbankan, kata Agus, juga sudah baik untuk mempercepat penggunaan chip pada kartu debit.

"Karena yang kita utamakan jangan sampai ada kebutuhan mendesak, beramai-ramai konversi dan tidak tersedia stock-nya, jadi kita mesti yakinkan ada keseimbangan antara ketersediaan kartu atau chip dan juga permintaan," tutup dia.


Sesuai dengan Surat Edaran BI, implementasi secara penuh ditargetkan selesai pada 31 Desember 2021. Namun pelaksanaannya dilakukan secara bertahap sebagai berikut:

- Tahap 1 (batas waktu 30 Juni 2017) untuk menyelesaikan (1) sistem host dan back end (2) penyediaan perangkat ATM/EDC, kartu ATM dan kartu Debit baru wajib dilengkapi standar nasional chip dan (3) penggunaan PIN online 6 digit pada seluruh kartu ATM dan kartu debit, khususnya yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe.

- Tahap 2 (batas waktu 31 Desember 2018) Implementasi 30% kartu ATM dan atau kartu Debit yang beredar telah menggunakan teknologi chip dan PIN online 6 digit.

- Tahap 3 (batas waktu 31 Desember 2019) Implementasi 50% kartu ATM dan atau kartu Debit yang beredar telah menggunakan teknologi chip dan PIN online 6 digit.

- Tahap 4 (batas waktu 31 Desember 2020) Implementasi 80% kartu ATM dan atau kartu Debit yang beredar telah menggunakan teknologi chip dan PIN online 6 digit.

- Tahap 5 (batas waktu 31 Desember 2021) Implementasi 100% kartu ATM dan atau kartu Debit yang beredar telah menggunakan teknologi chip dan PIN online 6 digit.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed