Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Apr 2018 17:03 WIB

Mau Suntik Modal ke Muamalat? Ketua OJK: Langsung ke Pemegang Saham

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Wimboh Santoso (Foto: Ari Saputra/detikcom) Foto: Wimboh Santoso (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PT Bank Mualamat Indonesia Tbk tengah mencari tambahan modal untuk mneingkatkan rasio kecukupan modalnya (Capital to Adequaty Ratio/CAR). CAR bank syariah pertama di Indonesia per September 2017 tercatat 11,58% turun dibanding periode yang sama tahun 2016 12,75%.

Tambahan modal diperlukan Bank Muamalat untuk melakukan ekspansi bisnis. PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk (PADI) pun sempat tertarik menyuntikkan modal namun tak kunjung terealisasi.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan, jika ada investor yang tertarik menambahkan modal ke Bank Mualamat bisa langsung berbicara dengan pemegang saham.

"Kalau yang tertarik yang ngomong di koran banyak. Monggo saja ngomong sama pemegang saham pengendali," kata Wimboh saat berkunjung ke markas detikcom, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).


Selanjutnya, pemegang saham Bank Muamalat akan berkirim surat ke OJK terkait ketertarikan investor menambahkan modal. Kemudian, Bank Muamalat akan melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) meminta persetujuan untuk menerbitkan saham baru atau rights issue.

"RUPS, rights issue, nanti kita due diligence kalau sudah sepakat," ujar Wimboh.

Wimboh pun enggan merinci dengan pasti berapa modal ideal yang harus ditambahkan ke bank syariah tersebut. Pastinya, tambahan modal diperlukan untuk melebarkan sayap Bank Muamalat dalam menjalankan bisnisnya.


Ia mengatakan, banyak pihak yang tertarik dengan Bank Muamalat karena historisnya. Prospek bank syariah pertama di Indonesia ini juga diperkirakan membaik dengan adanya tambahan modal.

"Bagus sebenarnya kalau berpikir masa depan dan ini hanya penguatan modal. Nggak mungkin stand still, harus berkembang," tutur Wimboh. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed