Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Mei 2018 22:45 WIB

Kesan Menhub hingga Sri Mulyani tentang Agus Martowardojo

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo akan habis masa tugas pada 23 Mei 2018. Agus akan digantikan oleh Perry Warjiyo yang terpilih sebagai Gubernur BI secara aklamasi pada Maret 2018 lalu.

Hari ini BI digelar acara Pamit Purna Tugas untuk Agus Martowardojo di Gedung BI. Sejumlah kalangan hadir, mulai dari Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan, Anggota Dewan Komisioner LPS Destry Damayanti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jajaran direksi perbankan nasional, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan pegawai BI.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan kesan-kesan untuk Agus Martowardojo, menurut dia Agus adalah salah satu bankir yang memiliki semangat dan bekerja secara detail.

"Saya dan Pak Agus itu seumuran karena lahirnya tahun 1956. Saya pikir dia adalah satu bankir yang tidak mudah didapat. Beliau begitu bersemangat dan detail sekali, saya saja tidak sanggup melakukan hal-hal itu terhadap pekerjaan yang detail," kata Budi di Gedung BI, Jakarta, Jumat (18/5/2018).


Dia menjelaskan, beberapa kali bekerja dan berkolaborasi dengan Agus. Kementerian Perhubungan dan BI sempat bekerja sama untuk program elektronifikasi jalan tol tahun lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Agus adalah sosok teman baik yang selalu hadir dan mengingatkan pentingnya kerja profesional dalam menjaga perekonomian.

"Beliau teman yang baik yang selalu bisa hadir dan mengingatkan untuk menjaga perekonomian secara baik, profesional, loyal, dan sangat dedikatif terhadap Republik Indonesia," tutur Sri Mulyani.

"Saya pribadi pasti akan kehilangan dan saya berharap pak agus akan sukses di dalam kehidupan dan karir nya sesudah bi dan saya berharap tentu kita semua akan tetap jaga silaturahmi," sambung mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.


Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perbanas Aviliani mengatakan dengan kepemimpinan Agus banyak perubahan yang signifikan. Kebijakan yang dikeluarkan bisa dijaga sehingga tidak menimbulkan goncangan.

"Kita tahu selama lima tahun ini tidak mudah menghadapi tekanan global dan domestik. Apresiasi untuk pak Agus mudah-mudahan Pak Agus mendapat tempat yang lebih bagus karena usianya masih produktif. Pak Jokowi harusnya memberikan tugas lagi yang lebih challenge untuk Pak Agus untuk memperbaiki negara ini," imbuh dia.

Direktur Keuangan Bank Negara Indonesia (BNI) Anggoro Eko Cahyo menyampaikan pesan kepada Agus Martowardojo untuk selalu menjaga kesehatan.

"Kami sampaikan terima kasih Pak Agus atas kepemimpinannya selama ini dan jaga kesehatan," ujar dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com