Follow detikFinance
Rabu, 06 Jun 2018 17:31 WIB

Libur Panjang, BI: Sistem Bank Jangan Sampai Macet

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Untuk mengantisipasi lonjakan transaksi selama libur Lebaran. Bank Indonesia (BI) meminta kepada perbankan nasional untuk terus menjaga sistem keamanan untuk kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan bank sentral sudah mengeluarkan peringatan kepada bank untuk menjaga kualitas sistem pembayaran meskipun ada libur panjang.

"Kami mengingatkan ke bank sebagai pelaku sistem pembayaran untuk tetap dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat yang bertransaksi dengan alat pembayaran menggunakan kartu. Harus lancar jangan sampai sistemnya macet," kata Rosmaya dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Rabu (6/6/2018).


Dia menjelaskan peringatan tersebut sudah dikirimkan kepada pimpinan bank beberapa waktu lalu.

Kemudian BI juga meminta bank untuk memastikan sarana sistem pembayaran berjalan baik. Seperti internet banking, mobile banking, sms banking hingga dompet elektronik bisa berjalan lancar. Selain itu layanan call center juga diminta bisa beroperasi penuh meskipun hari libur.

"Keamanan sistem, fraud detection juga perlu ditingkatkan. Supaya lebih aman dan nyaman masyarakat dalam melakukan transaksi," ujar dia.

Rosmaya menjelaskan, BI juga melarang tegas praktik gesek tunai di toko-toko. Selain itu BI juga melarang surcharge selama ini diberlakukan sebesar 3% kepada pembeli jika menggunakan kartu kredit.

"Bayar pakai kartu kredit kena biaya itu tidak boleh, double swipe juga nggak boleh supaya aman dan nyaman," ujarnya.


BI juga meminta perbankan untuk mendukung kelancaran dan keamanan sistem pembayaran di tempat pariwisata. Ini karena musim libur Lebaran masyarakat akan memenuhi tempat wisata dan peredaran uang diprediksi meningkat. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed