Follow detikFinance
Senin, 11 Jun 2018 16:00 WIB

Jelang Lebaran, Kredit Mobil Bekas Sepi Peminat

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi Mobil Bekas/Foto: Pool Ilustrasi Mobil Bekas/Foto: Pool
Jakarta - Menjelang Lebaran permintaan kredit sepeda motor meningkat. Namun, tidak dengan permintaan kredit mobil bekas.

Direktur Utama PT Verena Multi Finance Tbk Andi Harjono menjelaskan permintaan kredit untuk mobil bekas tak ada kenaikan yang signifikan.

"Sepertinya biasa saja ya tidak ada kenaikan. Mungkin banyak yang mudik naik kendaraan umum," kata Andi saat dihubungi detikFinance, Senin (11/6/2018).


Dia menjelaskan, tahun-tahun sebelumnya Lebaran adalah puncak permintaan tertinggi kredit mobil bekas. Namun, tren tersebut berubah belakangan ini.

"Biasanya jelang Lebaran itu peak season, tapi tren beberapa tahun terakhir tidak ada permintaan kredit yang signifikan," imbuh dia.

Andi mengungkapkan ini kemungkinan dipengaruhi juga dengan adanya pameran-pameran kendaraan yang digelar jelang Lebaran. Memang pada 19-29 April lalu sudah digelar pameran mobil di dalam dan luar ruangan yakni Indonesia International Motor Show 2018 di Jakarta International Expo, Jakarta.


Dalam acara tersebut ada beberapa perusahaan multifinance dan bank yang memberikan promo bunga kredit mobil sangat rendah, hingga 2,55%. Ini menyebabkan masyarakat lebih antusias mengambil kredit mobil baru ketimbang mobil bekas.

Andi mengungkapkan biasanya mobil bekas yang paling diminati adalah Avanza, Xenia dan Innova. Ini karena mobil tersebut memiliki kapasitas yang besar untuk keluarga. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed