Follow detikFinance
Senin, 09 Jul 2018 11:40 WIB

Aplikasi Utang Online Juga Bisa 'Intip' SMS hingga Riwayat Telepon

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Perusahaan fintech yang bernama Rupiah Plus belakangan ramai diperbincangkan di dunia maya. Perusahaan aplikasi ini disinyalir bisa mengakses nomor kontak di telepon genggam nasabahnya untuk kemudian melakukan konfirmasi penagihan.

detikFinance pun mencoba untuk menggunakan aplikasi ini. Cukup ketik Rupiah Plus di Play Store atau App Store untuk menemukan aplikasi ini.

Setelah terpasang dan membukanya, aplikasi ini memang langsung meminta izin untuk mengakses 5 hal, yakni lokasi perangkat, kontak, melakukan dan mengelola panggilan telepon, mengirim dan melihat pesan sms, serta mengakses foto, media dan file di perangkat.


Izin tersebut menjadi syarat untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sebab tampilan layar pertama kali membuka aplikasi adalah himbauan agar menyetujui semua perizinan itu guna memastikan kelancaran pinjaman.

Setelah proses perizinan dikonfirmasi seluruhnya, calon nasabah masih harus melakukan beberapa tahap pendaftaran. Seperti memasukkan data-data pribadi.

Aplikasi Meminta Izin 'Intip' Lokasi (GPS)Aplikasi Meminta Izin 'Intip' Lokasi (GPS) Foto: Danang Sugianto/detikFinance


Aplikasi Meminta Izin 'Intip' Kontak di Handphone AndaAplikasi Meminta Izin 'Intip' Kontak di Handphone Anda Foto: Danang Sugianto/detikFinance


Aplikasi Meminta Izin 'Intip' Riwayat Telpon AndaAplikasi Meminta Izin 'Intip' Riwayat Telepon Anda Foto: Danang Sugianto/detikFinance


Aplikasi Meminta Izin 'Intip' SMSAplikasi Meminta Izin 'Intip' SMS Foto: Danang Sugianto/detikFinance


Aplikasi Meminta Izin 'Intip' Galeri Foto hingga VideoAplikasi Meminta Izin 'Intip' Galeri Foto hingga Video Foto: Danang Sugianto/detikFinance

Setelah mengajukan pinjaman, aplikasi Rupiah Plus akan melakukan review. Menurut perusahaan proses review hanya membutuhkan waktu 2 menit, setelah itu pinjaman masuk ke akun nasabah.

Sebelumnya aplikasi Rupiah Plus dikabarkan melakukan penagihan secara acak ke nomor telepon yang ada di telepon genggam nasabahnya. Kejadian ini ramai diperbincangkan di media sosial seperti Twitter.

Salah satu akun yang bernama @alialsanjani menggugah cuitan tentang pengalamannya yang kaget lantaran nomornya didaftarkan sebagai nomor referensi untuk tagihan dari teman sekolahnya. Cuitnya disertai beberapa gambar layar pada 26 Juni 2018.

Dalam salah satu capture yang diunggahnya terdapat pesan Whatsapp dari akun tak dikenal dengan foto profil logo Rupiah Plus. Akun itu berpesan bahwa temannya menunggak cicilan dan sulit untuk dihubungi. Terdapat pula foto temannya.

Akun bernama Ali Tamarin itu pun membalas pesan itu. Namun pesannya dibalas dengan nada ancaman.

Dicuitan keduanya Ali mengkonfirmasi ke temannya yang bersangkutan. Temannya pun mengaku tidak mencantumkan nomornya sebagai contact emergency.

Berdasarkan penuturan nasabah itu, bahkan aplikasi Rupiah Plus dapat mengakses nomor kontak, pesan singkat hingga isi percakapan di aplikasi seperti Whatsapp. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed