Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 11:46 WIB

497 Ribu Nasabah Sudah Pakai Kartu ATM Berlogo GPN

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat hingga akhir Mei 2018 logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam yang tercetak pada kartu debit telah sebanyak 937 ribu. Sedangkan, jumlah yang telah terdistribusikan sebanyak 497 ribu kartu.

Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky P Wibowo mengatakan dengan sistem GPN ini maka nasabah lebih dipermudah dalam menjalankan transaksi keuangan menggunakan kartu debit perbankan.

Dia bilang, saat ini jumlah bank yang mengeluarkan kartu berlogo GPN terus meningkat.

"Jadi semakin lama semakin banyak. Mulai 31 Maret 2018, seluruh bank mulai menerbitkan kartu berlogo nasional. Di bulan itu kartu tercetak 491 ribu, dan terdistribusi 252 ribu," kata Pungky dalam sebuah diskusi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (12/7/2018).


Pungky mengatakan, BI sendiri menargetkan agar masyarakat bisa terdistribusikan kartu berlogo GPN sebanyak 13,3 juta kartu hingga akhir 2018. Saat ini, kata Pungky, Bi terus melakukan sosialisasi untuk membuat masyarakat lebih paham mengenai manfaat GPN.

"Untuk melakukan akselerasi dalam distribusi kartu berlogo nasional, BI memfokuskan kampanye nasional GPN. Kita beri tahu manfaat kartu berlogo nasional ini apa," jelasnya.

Lebih dari itu, Pungky mengatakan dengan menggunakan GPN maka akan terjadi penghematan pada transaksi non tunai di Indonesia. Menurutnya GPN ini turut menurunkan biaya merchant discount rate (MDR) yang selama ini diberlakukan oleh merchant atau toko kepada pembeli sekaligus nasabah.


"Jadi dengan ini transaksi untuk masyarakat, nasabah, jadi bisa lebih murah dari yang sebelumnya" jelas dia. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed