Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Jul 2018 14:29 WIB

Cara BI Dukung Asian Games Lewat GPN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta -
Bank Indonesia (BI) mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Dukungan BI terhadap pesta olahraga akbar ini melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, tranksaksi non tunai pada kartu berlogo GPN akan diselesaikan di dalam negeri. Sebelumnya, penyelesaian dilakukan diluar negeri.

"Terjadi interkoneksi, di antara alat pembayaran kartu kita. Khususnya debet apapun debet anda, apapun bank anda untuk domestik transaksi akan diselesaiakan dalam negeri," kata dia di Gedung BI Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Perry mengatakan, pemanfaatan GPN akan membuat transaksi lebih murah. Jika biasanya transaksi dikenakan 3%, dengan menggunakan kartu GPN biayanya turun menjadi 1%.


"Dan menurunkan biaya transaksi yang dulunya 3%, sekarang hanya menjadi 1%," ujarnya.

Perry menambahkan, pada Asian Games transaksi alat transportasi juga dilakukan melalui GPN. Alat transportasi itu seperti light rail transit (LRT).



"Di dalam Asian Games sudah lakukan untuk elektronik money dan debet untuk alat tranportasi khususnya LRT baik Jakarta Palembang itu semua diselesaikan melalui GPN," ujarnya.

"Merchant-merchant kalau ibu-ibu menggunakan kartu debet dalam kaitannya dengan Asian Games itu diselesaikan GPN," tutupnya.


Saksikan juga video 'Promosikan Asian Games, Pratikno Ikut Lari Santai':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed