JK Ibaratkan Ikut BPJS Ketenagakerjaan Seperti Gotong Royong

Prima Fauzi - detikFinance
Selasa, 31 Jul 2018 17:45 WIB
Foto: Prima Fauzi/Detikcom
Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan memberikan penghargaan kepada Pemda, perusahaan, dan UKM atas penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang memberikan penyerahan piala Paritrana mengatakan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bersifat gotong royong.

"BPJS Ketenagakerjaan menjamin kematian, kecelakaan kerja, hari tua, dan pensiun. Itulah gunanya dari gotong royong menjadi kebahagiaan. BPJS (Ketenagakerjaan) ini sifatnya gotong royong. Tugas kita disamping bermitra dengan BPJS, tentu kewajiban BPJS ini terjamin gotong royong ini," kata JK di Istana Wapres, Jakarta, Selasa, (31/7/2018).

Pemenang piala Paritrana dinilai oleh tim independen yang terdiri dari ahli jaminan sosial, ahli kebijakan publik, akademisi, pengusaha, pekerja dan BPJS Ketenagakerjaan. Penilaian pun dilakukan dari beberapa aspek seperti coverage kepesertaan, aspek regulasi, dan inisiatif terbaik.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, berharap penghargaan ini dapat membangun semangat para pemimpin daerah dan perusahaan agar dapat menjamin warga dan seluruh pekerja di daerahnya masing-masing, dalam mendapatkan perlindungan sosial, khususnya dari BPJS Ketenagakerjaan.


Dari surat keputusan ketua panitia diketahui terdapat lima kategori pemenang yaitu, Pemerintah Provinsi Terbaik, Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik, Perusahaan Besar Terbaik, Perusahaan Menengah Terbaik, dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Terbaik.

Untuk Pemerintah Provinsi Terbaik diraih oleh Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi DKI Jakarta. Masing-masing menerima Piala Paritrana dan satu unit Mobil Toyota Innova.

Sementara untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota diraih oleh Kota Surakarta, Kota Jember, dan Kota Serang. Masing-masing juga menerima piala ditambah dengan satu unit Mobil Toyota Avanza.

Di kategori Perusahaan Besar diraih oleh PT Bank Cetral Asia Tbk, PT Chevron Pacific Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah, dan untuk Kategori Perusahaan Menengah diraih oleh PT Nippon Indosari Corporindo Tbk, PT Aneka Tambang UPN Gebe, dan PT Multijasa Camera.


Selain mendapat piala penghargaan, pemenang dari dua kategori tersebut (pemda dan perusahaan) menerima hadiah berupa logam mulia.

Sedangkan Kategori UKM diraih oleh 34 perusahaan terbaik peserta BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 30 Juta.

Untuk diketahui penyelenggaraan penghargaan ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Paritrana berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti perlindungan. Simbol penghargaan diberikan melalui piala yang didesain oleh seniman I Nyoman Nuarta. Piala diserahkan oleh JK, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto (idr/hns)