4 Tahun Jokowi-JK, Bunga KUR Turun Jadi 7%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 16 Agu 2018 11:34 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memasuki tahun keempat. Di tahun keempat, bunga kredit usaha rakyat (KUR) turun dari 22% menjadi 7%.

"Pemerintah dalam empat tahun terakhir terus memangkas suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari yang awalnya 22%, saat ini sudah diturunkan menjadi hanya 7%," ujar Jokowi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8/2018).


Tidak hanya itu, pajak untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga dipangkas menjadi 0,5% dari sebelumnya 1%. Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM bisa membuat usahanya lebih besar lagi.

"Sehingga yang kecil menjadi menengah, yang menengah menjadi besar, menjadi pengusaha-pengusaha nasional yang kuat dan tangguh," ujar Jokowi.

Untuk jenis usaha yang terbilang mikro, pemerintah juga membentuk bank wakaf mikro. Lembaga keuangan ini dibentuk untuk mendukung usaha masyarakat kelas bawah.

"Bagi usaha ultra mikro dan sekaligus sebagai pemberdayaan ekonomi ummat, Pemerintah menggencarkan pembentukan lembaga keuangan Bank Wakaf Mikro," kata Jokowi.


Pemerintah juga melakukan perbaikan pasar-pasar di banyak daerah menjadi lebih modern lagi.

"Pemerintah juga melakukan revitalisasi pasar-pasar rakyat agar bisa bersaing dengan pasar-pasar modern dan menjadi wadah bagi UMKM dalam menggerakkan ekonomi lokal," tutur Jokowi.


Saksikan juga video ' Washington-Ankara Memburuk, Pengaruhi Rupiah terhadap Dolar ':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ang)