Zurich Akuisisi 80% Saham Asuransi Adira

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 27 Sep 2018 13:12 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Zurich Insurance Group (Zurich) hari ini mengumumkan telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 80% kepemilikan PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira), yang termasuk dalam 10 besar perusahaan asuransi umum di Indonesia, dari Bank Danamon dan investor minoritas.

Transaksi juga mencakup dua perjanjian kerja sama strategis jangka panjang dengan Bank Danamon, bank terbesar kelima di Indonesia berdasarkan kapitalisasi pasar, dan dengan Adira Finance, penyedia solusi pembiayaan sepeda motor dan mobil terbesar kedua di Indonesia.

Jumlah total nilai transaksi ini mencapai Rp 6,15 triliun (sekitar 414 juta dolar AS) dengan potensi peningkatan nilai ke depannya sesuai kinerja bisnis. Dengan transaksi ini, Zurich akan menjadi perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia.

"Zurich telah menjadikan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan utama untuk Grup, dan Indonesia adalah pasar utama bagi kami. Transaksi hari ini membuktikan komitmen kami kepada Indonesia dan merupakan peluang yang baik untuk memperluas keberadaan kami di wilayah ini, dan membantu lebih banyak lagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan asuransi mereka," kata Jack Howell, Chief Executive Officer Zurich untuk Asia Pasifik.


"Kami bersemangat untuk bergabung dengan Bank Danamon dan Adira Finance. Keduanya merupakan merek yang sudah sangat dikenal dan memiliki jaringan distribusi yang luas. Bersama dengan keahlian Zurich di pasar internasional, kemampuan underwriting dan manajemen risiko terbaik di industri, kami yakin akan keberhasilan bisnis kami dalam jangka panjang," katanya.

Indonesia merupakan salah satu pasar asuransi paling menarik di dunia. Selain itu juga merupakan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan potensi pertumbuhan yang kuat dan jumlah masyarakat kelas menengah yang berkembang pesat. Faktor-faktor ini, ditambah dengan tingkat penetrasi asuransi yang rendah, menghadirkan potensi pertumbuhan yang signifikan untuk pasar asuransi.

Didirikan pada tahun 1996, Asuransi Adira membukukan premi bruto sebesar US$ 158 juta pada tahun 2017, didorong oleh penawaran produk yang terdiversifikasi. Di antaranya asuransi kendaraan bermotor dan properti, serta kemampuan distribusi yang kuat. Asuransi Adira memiliki posisi terkemuka dalam pasar asuransi kendaraan bermotor dan takaful di Indonesia.

Semua pihak mengharapkan transaksi yang masih menunggu persetujuan regulator dan persyaratan penyelesaian transaksi lainnya ini akan selesai pada kuartal keempat tahun 2018. Setelah selesai, Zurich akan memegang 80% kepemilikan Asuransi Adira, dan Bank Danamon akan memiliki 20%.

(eds/fdl)