Ribuan Delegasi Pertemuan IMF-WB Padati Bali Malam Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 08 Okt 2018 16:31 WIB
Foto: Sylke Febrina Laucereno
Nusa Dua - Rangkaian acara pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank dimulai pada 8-14 Oktober 2018. Para delegasi dari 189 negara mulai berdatangan.

Dari pantauan detikFinance di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Center (BICC) sudah mulai berlalu lalang para staf dan delegasi dari berbagai negara. Namun belum terlalu padat, padahal diperkirakan akan hadir sebanyak 34.000 orang.

Ketua Unit Pertemuan Tahunan IMF dan WB, Peter Jacobs menjelaskan sejak pagi hingga Senin siang memang lokasi acara masih belum terlalu ramai. Pasalnya ribuan delegasi puncaknya akan hadir pada malam ini (8/10).

"Ini kan delegasi puncaknya baru datang hari ini, di Bandara Ngurah Rai ini dari jam 13.00 WITA sampai malam penerbangan internasional mulai ramai datang," kata Peter di BNDCC, Nusa Dua, Senin (8/10/2018).


Peter menjelaskan acara pertemuan baik internal maupun terbuka mulai dilakukan pada 9 Oktober. "Kan banyak acara itu dimulai pada 9 Oktober 2018, puncak acara memang 10-13 Oktober banyak acara paralel," imbuh dia.

Dapat diketahui, acara sidang tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Oktober 2018 mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 di Bali sudah siap menyelenggarakan ajang yang akan dihadiri oleh 189 negara. Peserta yang akan hadir pun dipastikan melebihi target.

Beberapa agenda yang akan dilangsungkan di BICC antara lain, seminar Wanita dalam Tempat Kerja, IMF Youth Dialogue, press briefing tentang keuangan global, dan sebagainya. Sedangkan di BNDCC, akan dilangsungkan acara utama yakni pembukaan dan penutupan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir sekaligus membuka perhelatan internasional ini.


Selain membahas substansi, dalam pertemuan tahunan ini juga menghadirkan Indonesia Pavilion yang menampilkan art and craft expo, booth pariwisata, dan booth infrastruktur.

Selain kerajinan, dalam booth ini ditampilkan berbagai paket pariwisata yang ditawarkan kepada peserta. Terkait infrastruktur, ditampilkan display dan perkembangan pembangunan infrastruktur dan beberapa kesempatan investasi dan pembiayaan di Indonesia.




Tonton juga 'Lewat Secangkir Kopi, IMF-World Bank Bantu Palu-Lombok':

[Gambas:Video 20detik]

(kil/ara)