Follow detikFinance
Rabu, 10 Okt 2018 15:20 WIB

Sri Mulyani Minta Dukungan Bank Dunia Terapkan Asuransi Bencana

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Nusa Dua - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Bank Dunia untuk membantu menyukseskan usulan pemerintah Indonesia tentang asuransi bencana. Ia juga meminta kepada negara lain yang hadir untuk hal tersebut.

"World bank dan para negara yang hadir di sini, apakah anda bisa membantu saya dalam hal requested, Chile, Polandia dan mekanisme yang telah kalian lakukan," kata Sri Mulyani di The Westin Hotel Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10/2018).

Sri Mulyani bilang, negara yang telah menjalankan program asuransi bencana adalah Meksiko, Kolombia, Peru, dan Chile. Dirinya pun meminta Bank Dunia membantu agar Indonesia bisa menerapkan hal yang sama.

"Apakah saya bisa belajar dari kolega saya bapak Sonny dari Filipina, Apa yang anda lakukan dan bagaimana dengan nilai tambah dan bagaimana itu bisa dilakukan dengan lebih baik," jelas dia.


Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan bahwa asuransi bencana tidak memberatkan fiskal. Pasalnya, jika belum ada asuransi maka fiskal akan menanggung seluruh biaya rekonstruksi dan rehabilitasi.

"Melalui kasus ini kita bisa mengelola risiko fiskal di mana kita bisa memberikan dukungan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana, menjaga keberlangsungan keuangan atau finansial sustainable atau kebutuhan kami senang bisa berbagi," ungkap dia.

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed