Follow detikFinance
Kamis, 11 Okt 2018 11:00 WIB

Bos IMF Ingatkan Dampak Perang Dagang AS-China ke Ekonomi Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Nusa Dua - International Monetary Fund (IMF) saat ini menilai ekonomi dunia masih tetap kuat di tengah ketidakpastian global. Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengamini hal tersebut.

"Ya, ekonomi dunia saat ini tetap kuat. Kami memperkirakan pertumbuhan bisa stabil di angka 3,7% tahun ini dan tahun depan," kata Lagarde dalam konferensi pers di BICC, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

Dia menjelaskan, memang masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pertumbuhan ekonomi yang baik. Misalnya ketegangan perdagangan yang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China.


Menurut Lagarde jika ketegangan ini masih terus terjadi maka berpotensi mengganggu pertumbuhan ekonomi dunia.

Dia menyarankan kepada negara yang bersitegang harus berupaya menurunkan ketegangan dan menjalankan kebijakan yang sesuai dengan sistem perdagangan global yang kuat dan adil.

Mantan Menteri Keuangan Prancis ini mengharapkan pemerintah negara tersebut bisa memperbaiki sistem dan kebijakan perdagangannya.


Dia menjelaskan ekonomi dunia mengalami koreksi dari perkiraan semula. Namun ini masih lebih aman dibandingkan dengan periode 2008 di mana dunia mengalami krisis keuangan. Saat ini utang publik dan swasta di dunia masih cukup aman.

"Jika ada sedikit saja perubahan arah, maka bisa menimbulkan arus modal keluar dan ketidakstabilan dari negara berkembang. Seperti yang terjadi saat ini," ujar dia.

Kepada negara berkembang yang rentan, Lagarde menyarankan untuk mengambil bauran kebijakan yang tepat, menggunakan semua instrumen yang ada. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed