Follow detikFinance
Kamis, 11 Okt 2018 14:02 WIB

Peserta IMF-WB Diminta Tetap Waspada Pasca Gempa Situbondo

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Nusa Dua - Panitia pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank di Nusa Dua Bali menginformasikan kepada peserta terkait gempa bumi yang terjadi dini hari tadi.

Disebutkan telah terjadi gempa bermagnitudo 6,0 di timur laut Situbondo, Jawa Timur atau sekitar 158 km barat laut Nusa Dua, Bali pada 02.44 WITA.

Tak ada laporan dampak signifikan terhadap infrastruktur pertemuan. Ada tiga korban meninggal dunia di Situbondo. World Bank Group dan IMF menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga korban dan masyarakat yang terkena dampak.

"Pasti banyak dari anda yang merasakan gempa semalam. Seluruh staf dan peserta saat ini dalam kondisi aman. Tim keamanan kami terus memantau situasi di Bali. Kami akan segera memberikan informasi terbaru," tulis pengumuman yang dikirimkan melalui surat elektronik, dikutip Kamis (11/10/2018).


Pengumuman juga menyampaikan keamanan dan keselamatan peserta menjadi prioritas mereka. Saat ini panitia bersama pihak berwenang sudah memastikan akan memberikan instruksi keselamatan.

Saat ini setiap hotel memiliki koneksi langsung ke sistem peringatan darurat. Namun panitia juga meminta peserta untuk berpartisipasi secara aktif dalam memberikan informasi terkait pembaruan gempa.

"Kami meminta semua peserta juga berhati-hati jika situasi darurat. Kemudian harus fokus untuk mengambil tindakan jika terjadi peringatan gempa bumi atau tsunami," imbuh dia.


Jika yang terjadi adalah gempa bumi, peserta diminta untuk menjauh dari apapun yang bisa menimpa anda. Lalu jika gempa terjadi selama lebih dari 1 menit, kemungkinan akan berpotensi tsunami.

"Pergilah ke lantai 3 atau 4 gedung anda, lalu perhatikan apakah ada bunyi sirene dan instruksi petugas keamanan dan staf hotel," tulis pengumuman itu.





Tonton juga 'IMF ke Korban Gempa: Kami Berdiri Bersama Anda':

[Gambas:Video 20detik]

(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed