Follow detikFinance
Jumat, 12 Okt 2018 10:35 WIB

Saat Bos IMF dan World Bank Terpukau dengan Pidato Jokowi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Nusa Dua - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) World Bank di Nusa Dua Bali hari ini, Jumat (12/10).

Saat membuka pertemuan, Jokowi menyampaikan pidato yang mengibaratkan hubungan antar negara maju semakin lama seperti yang ada dalam film Game of Thrones.

Kemudian dia menjelaskan ada keretakan yang terjadi di negara maju sehingga menimbulkan banyak masalah seperti harga minyak dunia yang naik drastis dan kekacauan mata uang di negara berkembang.

Direktur pelaksana IMF Christine Lagarde saat sambutan menyampaikan ia terpesona dengan pidato yang disampaikan Presiden Jokowi.

"Saya mau sampaikan ke Presiden Jokowi karena menyampaikan pidato yang sangat sangat baik. Saya rasa kami tidak bisa menyaingi dalam menyampaikan pesan seperti itu," ujar Christine di Nusa Dua Hall, BNDCC, Bali, Jumat (12/10/2018).



Dia menceritakan di Bali ada tradisi yang indah bernama Canang Sari. Di mana masyarakat akan menyampaikan persembahan untuk para dewa yang bertujuan untuk keberkahan.

"Saya rasa kita hadir di sini untuk melakukan hal yang sama. Memberikan persembahan untuk 189 negara yang menjadi anggota kami," imbuh dia.

Di tempat yang sama, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim juga menyampaikan jika pidato Jokowi sangat hebat.

"Ketika pak Jokowi pidato. Ah sebaiknya saya pulang, karena sambutan saya tidak bisa lebih baik dari dia. Tapi bu Christine menyampaikan jika kami bisa," ujar dia.




Tonton juga 'Jokowi Sebut Ekonomi Negara Maju Layaknya Serial Game of Thrones':
[Gambas:Video 20detik] (kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed