Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 12:47 WIB

Bankir-Bankir Andal akan Kumpul di Senayan Besok

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: IBEX (Selfie Miftahul Jannah)
Jakarta - Para bankir akan berkumpul untuk membahas berbagai teknologi terutama perbankan yang hingga saat ini semakin canggih dalam Indonesia Banking Expo (IBEX) besok, 15 November 2018 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta.

Ketua Steering Committee IBEX 2018, Tigor M. Siahaan menjelaskan, pengaruh dari perkembangan teknologi sudah begitu berkembang. Terutama sudah menjamurnya peer to peer lending atau hadirnya financial technology (fintech) di kalangan masyarakat.

"Fokus utama kita, kehati-hatian dalam belanja investasi dan segala sesuatu yang mungkin jeopardizing (merusak ekosistem perbankan). Ini yang kita bisa kolaborasi, kita perbankan usianya puluhan tahun berbeda dengan pemain yang baru mereka perlu kita dan kita perlu mereka," kata dia dalam pembahasan mengenai Fintech, saat menggelar konferensi pers persiapan acara IBEX di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Rabu (14/11/2018).

Ia menjelaskan, dari kegiatan ini diharapkan akan diperoleh suatu kesepahaman mengenai peran masing-masing sektor serta pemanfaatan teknologi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu mengenai persiapan acara ini, Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, acara ini nantinya akan membahas mengenai transformasi digital, transformasi industri di bidang perbankan.

"Transformasi digital, transformasi industri keempat (4.0), pasti akan membawa dampak yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia. Bank-bank anggota kami memahami hal ini dan bekerja keras untuk menjawab perkembangan teknologi yang sangat cepat, sementara pada saat yang sama kami juga harus mempertahankan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan pada regulasi serta mengelola risiko-risiko terkait," jelas dia.

Ia menjelaskan, IIBEX 2018 akan menghadirkan narasumber dari berbagai sektor yang terkait dengan perbankan. Mulai dari sektor manufaktur, transportasi, hingga teknologi finansial serta mitra teknologi yang sedang marak saat ini.

Mereka akan terlibat dalam diskusi panel dan diskusi kelompok untuk membahas peran teknologi dalam transformasi industri generasi keempat serta bagaimana sektor perbankan harus menyikapinya.

"Kita perlu memahami bagaimana teknologi maju tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan peluang inovasi. Model dan proses baru dalam berbisnis, serta produk dan layanan yang Iebih baik. Kita masih memiliki isu terkait kepercayaan, privasi, dan transparansi yang harus ditangani seiring dengan semakin intensifnya transformasi teknologi finansial di Indonesia," kata dia.


Tonton juga 'Peran Keuangan Syariah untuk Pembangunan Nasional':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com