Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 17 Nov 2018 13:11 WIB

Laporan dari Singapura

TKI di Singapura bakal Makin Mudah Kirim Uang ke RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Singapura - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membuka layanan kiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Contohnya dilakukan kantor cabang BRI di Singapura yang memberikan layanan remittance (remitansi) bagi para TKI yang menggunakan chanelling agent remitansi.

"Jumlah TKI di sini ada 114 ribu, kita juga sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan remitansi di sini," kata General Manager BRI cabang Singapura Aris Hartanto, Singapura, Sabtu (17/11/2018).

Layanan remitansi BRI, kata Aris sudah mulai berkembang dan saat ini pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan remitansi yang beropersi di Singapura seperti Mass Express.


Nilai transaksi remitansi BRI di Singapura rata-rata per minggu SGD 70-80 ribu, dan pernah mencapai SGD 110 ribu atau paling tinggi pada saat Lebaran kemarin.

Ke depan, Aris menyebutkan BRI akan terus memudahkan para TKI membawa pulang uangnya ke tanah air dengan meluaskan kerja sama dengan beberapa perusahaan yang berada di SIngapura.

Salah satu yang tengah dijajaki adalah bekerja sama dengan 7-eleven (Sevel) yang sangat menjamur di Singapura. Namun, hal tersebut harus dilaporkan terlebih dahulu kepada Monetary Authority of Singapura (MAS).


Rencana kerja sama ini menjadi langkah memudahkan para pahlawan devisa Indonesia yang berada di Singapura.

"Karena Sevel itu perusahaan yang ramai dikunjungi oleh TKI, dan cost-nya juga lebih murah," jelas dia.

"Mereka sudah banyak jaringan, mereka sudah ada komputer, tapi kan nggak punya nasabah, makanya kita tawarkan nasabah," sambung dia. (hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com