Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 27 Nov 2018 13:21 WIB

Lawan Dominasi Fintech, Bank Mulai Buka Kredit Online

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Tak hanya financial technology (fintech) alias teknologi finansial (tekfin) yang menyalurkan kredit melalui sistem online. Kini perbankan juga sudah mulai menyalurkan kredit dengan media daring.

Misalnya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memiliki channel digital loan agar kredit lebih mudah disalurkan. Dari laman resmi BNI layanan ini agar pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa mengakses kebutuhan pembiayaan.

Jadi calon debitur hanya perlu mengisi formulir yang ada di website resmi BNI atau mendownload aplikasi di handphone. Layanan kredit yang diberikan mulai dari kredit usaha rakyat (KUR), hingga kredit tanpa agunan.

Selain BNI PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) juga memiliki produk kredit online melalui layanan Jenius bernama Flexi Cash. Flexi Cash ini akan memberikan nasabah kredit dengan bunga yang kompetitif. Kemudian pembayaran pinjaman yang lebih awal akan mengurangi jangka waktu pinjaman dan beban bunga menjadi lebih rendah.

Pinjaman Flexi Cash ini bisa ditarik kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada biaya administrasi. Memang saat ini hanya nasabah Jenius yang terpilih saja yang bisa mendapatkan penawaran kredit online ini.


Ekonom INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan, sebenarnya kredit online bank itu merupakan channeling kredit yang sudah ada melalui teknologi digital.

"Prosesnya jadi lebih cepat dan efisien. Berbeda dengan model P2P lending yang tidak bisa menarik simpanan hanya menjadi platform perantara investor dan debitur," kata Bhima saat dihubungi, Selasa (27/11/2018).

Dia menyampaikan, saat ini bank dianggap lebih aman karena punya simpanan dan peraturan yg ketat di OJK. Selain itu total penyaluran kredit fintech baru Rp 9 triliun kurang dari 1% dari total kredit perbankan.




Tonton juga 'Kisah Amir, Pejuang Kredit BRI di Perbatasan':

[Gambas:Video 20detik]

(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed