Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Jan 2019 17:27 WIB

Beredar Foto Duit Iuran BPJS Dipakai Bangun Tol, Hoax or Not?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - Viral sebuah gambar pengumuman yang menyatakan ruang rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan dipindah ke gerbang tol. Pasalnya dana iuran para peserta kabarnya dipakai untuk tol.

Gambar tersebut banyak tersebar di grup-grup aplikasi WhatsApp. Kepala Humas BPJS kesehatan M Iqbal Anas Maruf memastikan gambar tersebut adalah hoax.

"Jadi foto itu memang (di gambar yang beredar) foto mantan Direktur BPJS Kesehatan. Cuma tulisannya sudah dimodifikasi seseorang. Isi memenya itu sama sekali tidak betul," katanya saat dikonfirmasi oleh detikFinance, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Gambar yang menyatakan peserta BPJS kesehatan dipindahkan ke tol untuk rawat inap, pastikan tidak sesuai fakta.

"Tidak benar sama sekali karena sangat tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Kerja sama kita dengan rumah sakit masih jalan, tidak ada isu soal jaminan kesehatan," sebutnya.

Hoax pengumuman BPJS KesehatanHoax pengumuman BPJS Kesehatan Foto: Istimewa

Dia juga meminta agar masyarakat peserta BPJS Kesehatan tidak perlu khawatir dengan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"Pelayanan kesehatan tetap berjalan. Masyarakat tak perlu khawatir, karena program ini dapat dukungan dan perhatian pemerintah yang sangat besar, sehingga dipastikan program JKN-KIS tetap jalan dengan baik," jelasnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait kabar hoax itu, tapi tidak berencana untuk melapor pihak berwajib. Pihaknya hanya mengimbau masyarakat tak termakan hoax.

"Kalau itu tentu kami koordinasi dengan Kominfo," tambahnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com