Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Jan 2019 17:55 WIB

Pinjam Uang Bisa Lewat Leasing Maksimal Rp 500 Juta

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan baru untuk perusahaan pembiayaan atau leasing. Mereka kini bukan hanya boleh menawarkan uang muka (down payment/DP) 0% untuk cicilan kendaraan, tapi juga boleh menyalurkan pinjaman dana tunai.

Hal itu tertuang dalam Peraturan OJK nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Kini perusahaan pembiayaan diperbolehkan untuk memberikan pembiayaan untuk fasilitas modal dan fasilitas dana.


Fasilitas modal usaha boleh diberikan berdasarkan kebutuhan pembelian barang atau jasa dengan wajib mencantumkan tujuan pembelian dan menyertakan bukti pembayaran. Sementara fasilitas dana merupakan pembiayaan untuk pembelian barang atau jasa untuk kebutuhan konsumtif.

Syaratnya untuk mengajukan pinjaman tunai ke perusahaan pembiayaan juga harus menyertakan agunan berupa kendaraan bermotor, tanah, bangunan dan atau alat berat. Maksimal pinjaman yang disalurkan sebesar Rp 500 juta. Perusahaan pembiayaan dilarang memberikan pinjaman dana tunai melebihi 25% dari total piutang yang telah disalurkan.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menyambut baik relaksasi yang diberikan OJK tersebut.

"Segala sesuatu yang berubah menjadi lebih baik akan lebih bagus," ujarnya kepada detikFinance, Jumat (11/1/2019).


Namun sebenarnya model pembiayaan dana tunai bukan hal yang baru. Sebelumnya perusahaan pembiayaan sudah menyalurkan pembiayaan di luar kendaraan namun perusahaan harus menyalurkan pembiayaan langsung untuk tujuan debiturnya.

"Kalau ini bisnis model baru sudah pasti enggak. Karena dulu bisa pembiayaan misalnya untuk jalan-jalan ya kita harus bayar langsung ke travel-nya bukan ke debiturnya. Tapi sekarang lebih leluasa karena kita bisa langsung kasih ke debitur. Kalau segalanya dipermudah ya bagus," ujarnya. (das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed