Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Jan 2019 13:59 WIB

Bos OJK Buka-bukaan Kondisi Terkini Bumiputera

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Erliana Riady Foto: Erliana Riady
Jakarta - PT Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) disebut kondisinya sudah mulai membaik. Sebelumnya, perusahaan mengalami kesulitan terkait pencairan klaim asuransi.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan AJBB sudah mulai bekerja sama dengan beberapa perbankan dan perusahaan non jasa keuangan lainnya menjual produk asuransi.

"Bumiputera sudah on track. Ini produk-produk baru sudah di-rolling, sudah kerja sama dengan beberapa bank dan beberapa perusahaan-perusahaan lain meski bukan sektor keuangan dalam melakukan asuransi-asuransi customer-customer-nya," kata Wimboh usai Konferensi Pers KSSK di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).


Wimboh menyebutkan, perusahaan non jasa keuangan yang sudah menjalin kerja sama dengan AJBB antara lain PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT PLN (Persero).

Menurut Wimboh, kerja sama dengan perusahaan non jasa keuangan menjadi basis yang kuat bagi nasabah pemegang polis Bumiputera. Selain itu, AJBB juga memiliki aset yang cukup besar.

"Ini dengan cara bisnis normal kita harapkan segera bisa teratasi dan sebenarnya sudah jalan sudah berjalan dengan baik dan sudah menawarkan produk-produk," ungkap dia.


Sebelumnya, sejak mengalami kesulitan untuk membayarkan sejumlah polis asuransi nasabahnya, manajemen AJBB diambil alih dengan dibentuknya pengelola statuter pada Oktober 2016.

Pengangkatan pengelola statuter dilakukan untuk mengelola perusahaan agar terbebas dari kondisi keuangan yang buruk. Secara langsung posisi jajaran direksi AJBB pun digantikan oleh mereka. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com