Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 07 Feb 2019 13:53 WIB

Trump Calonkan Wamenkeunya Jadi Bos Bank Dunia

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: REUTERS/Jim Young Foto: REUTERS/Jim Young
Jakarta - Presiden Bank Dunia (World Bank), Jim Yong Kim, mengundurkan diri awal Januari 2019 kemarin. Saat ini jabatan tersebut kosong dan tengah dicari penggantinya. Salah satu calon datang dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Dikutip dari CNN, Kamis (7/2/2019), Presiden Donald Trump mengusulkan David Malpass untuk ikut bertarung dalam bursa perebutan kursi nomor satu di lembaga keuangan global tersebut.

David Malpass sendiri adalah mantan bankir Wall Street yang saat ini menjabat sebagai wakil menteri untuk urusan internasional di Departemen Keuangan AS.


David dikenal sebagai kritikus Bank Dunia yang blak-blakan. Trump memandang predikat David yang blak-blakan sejalan dengan misinya untuk membentuk kembali dan mereformasi sejumlah lembaga global yang dia pandang skeptis.

"Pemerintahan saya telah menjadikannya (menjadikan David Malpass) prioritas utama untuk memastikan bahwa uang pajak AS dihabiskan secara efektif dan bijak, melayani kepentingan Amerika dan mempertahankan nilai-nilai Amerika," kata Trump ketika ia menominasikan Malpass dari Gedung Roosevelt Gedung Putih.


Malpass muncul sebagai pilihan Trump setelah pengunduran diri Jim Yong Kim bulan lalu.

"David telah menjadi penganjur yang kuat untuk akuntabilitas di Bank Dunia sejak lama," sambung Trump.

Beberapa pakar pembangunan mengecam pilihan itu. David Malpass dipandang akan menggunakan posisinya nanti untuk merusak bank, yang menawarkan pinjaman kepada negara-negara berkembang untuk proyek-proyek infrastruktur, kesehatan, energi, dan bidang lainnya. (dna/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com