Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Mar 2019 16:25 WIB

Cara Unik Karyawan Bank Terapung Bunuh Penat Berhari-hari di Lautan

Raras Prawitaningrum - detikFinance
Aktivitas Staf Teras BRI Kapal Bahtera Seva I usai bank tutup. Foto: Pradita Utama/detikcom Aktivitas Staf Teras BRI Kapal Bahtera Seva I usai bank tutup. Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta - Pernah terbayang hidup di kapal berhari-hari lamanya dan jauh dari keluarga? Itulah yang dialami staf PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dan ABK Kapal Bahtera Seva I di Kepulauan Seribu. Dari Senin hingga Jumat mereka harus melayani kebutuhan transaksi warga di enam pulau di Kepulauan Seribu. Maka mereka harus bermalam di kapal yang bersandar di dermaga hampir setiap harinya.

Menjelang malam, tidak ada acara kumpul bersama teman di kafe seperti layaknya karyawan di Jakarta. Mereka justru asyik bermain game online bareng (mabar).

"Cara menghilangkan jenuh dan bosan ya dengan bercanda bareng. Kadang mabar juga, yang kalah bikin kopi atau mi. Seru-seruan lah, nggak dibawa pusing," kata nakhoda Teras BRI Kapal Bahtera Seva I, Agus Aji Hindarto, Kamis (21/2/2019).


Selain mabar, terkadang mereka juga berenang dan snorkeling di sekitar pulau hingga membeli ikan dari nelayan untuk dibakar dan disantap bersama-sama.

"Ya begini kalau kehidupan staf kapal BRI di malam hari setelah melayani nasabah. Kadang kami bakar ikan, beli di nelayan. Biasanya juga sekadar ngopi dan duduk di depan kapal. Ada juga yang di bawah nonton televisi atau main game online sambil bercanda," ujar Mualim (perwira kapal di bawah nakhoda) Teras BRI Kapal Bahtera Seva I, Widodo.

Hidup jauh dari keluarga dan tinggal di kapal yang bersandar di dermaga sudah menjadi 'makanan' sehari-hari staf Bank BRI serta ABK Teras BRI Kapal Bahtera Seva I. Namun hal tersebut tak membuat mereka berhenti melayani masyarakat.

Nahkoda Teras BRI Kapal Bahtera Seva I berenang saat mengisi waktu luang setelah bank tutupNakhoda Teras BRI Kapal Bahtera Seva I berenang saat mengisi waktu luang setelah bank tutup Foto: Pradita Utama/detikcom

"Kami di sini justru dapat keluarga baru, ya benar-benar sudah seperti keluarga sendiri," lanjutnya.

Sementara itu, mantri Teras BRI Kapal Bahtera Seva I Eryx Efianto memberikan resep agar hubungan harmonis dengan keluarga di darat tetap terjaga. Pasalnya, selama 5 hari ia jauh dari istri dan anak.


"Ya kuncinya tetap jalin komunikasi. Biasanya setiap malam juga video call dengan keluarga. Sekarang kan canggih bisa video call modal WhatsApp. Untungnya sinyal di Kepulauan Seribu juga lancar terus," katanya.

Walaupun harus mencicipi kehidupan yang berbeda dengan tinggal di kapal dan jauh dari keluarga, mereka bangga dengan pekerjaannya ini.

"Walaupun pekerjaannya berbeda dengan di darat, jauh dari keluarga, saya bangga bisa jadi staf di Kapal Bank BRI. Kami bisa membantu warga Kepulauan Seribu yang jauh dari bank untuk mendukung aktivitas ekonomi mereka. Selain dengan staf dan ABK, saya juga jadi punya keluarga baru di Kepulauan Seribu yaitu nasabah dan agen BRILink," ungkapnya.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva.


Tonton juga video Teras BRI Kapal Bahtera Seva Menjangkau Masyarakat Kepulauan:

[Gambas:Video 20detik]

(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed