Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Mar 2019 19:25 WIB

Fintech BRI Targetkan Salurkan Pinjaman Rp 375 Miliar

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui anak perusahaan BRI Agro meluncurkan produk pinjaman digital terbaru yang disebut PINANG atau Pinjam Tenang di Solo, 23 Februari 2019. Dengan demikian bisa menjangkau perusahaan-perusahaan nasabah BRI dalam memberikan penawaran fasilitas pinjaman digital untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak untuk pekerja dasar atau blue collar.

Bersamaan dengan acara tersebut pada hari ini dilakukan penandatanganan MOU antara BRI Agro dengan enam perusahaan yang berdomisili di batam untuk bekerjasama menggunakan aplikasi PINANG yaitu Tribun Batam, PT Citra Marine, Bea Cukai Batam, PT Lion Air Batam, STT Ibnu Sina dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam.

PINANG adalah produk digital lending dari BRI Agro dan sekaligus menjadi produk pinjaman bank berbasis aplikasi pertama di Indonesia. "Aplikasi PINANG sudah Fully Digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature", kata Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto dalam keterangannya, Senin (11/3/2019).


Dengan mengkombinasikan teknologi digital, PINANG memiliki proses pengajuan sampai pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1 sampai 12 bulan. Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka secara langsung. Plafon maksimum 20 juta rupiah dan memiliki bunga yang terendah dibandingkan dengan produk Fintech lainnya.

Produk Pinang saat ini dipasarkan bagi pekerja dasar atau blue collar yang memiliki payroll di Bank BRI atau di BRI Agro dan perusahaannya sudah melakukan kerja sama penyaluran kredit PINANG.


Dalam perkembangannya, PINANG akan dapat diakses oleh mass market pada akhir tahun 2020. Untuk tahun 2019 BRI Agro menargetkan PINANG mencapai Rp 375 miliar jumlah pinjaman dan dengan 75.000 jumlah peminjam, sedangkan untuk tahun 2020 ditargetkan mencapai Rp 600 miliar jumlah pinjaman dengan 120.000 jumlah peminjam.

"PINANG akan menjadi produk digital lending yang kompetitif dan diharapkan bisa menjadi produk fintech pilihan. Saat ini aplikasi PINANG sudah bisa diunduh di Playstore," kata Agus. (hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com