Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 26 Apr 2019 13:49 WIB

Pentingnya Memahami Kredit Bagi Milenial yang Ingin Punya Mobil

Robi Setiawan - detikFinance
Suasana di IIMS/ Foto: Dyandra Suasana di IIMS/ Foto: Dyandra
Jakarta - Memiliki mobil pribadi adalah impian bagi kebanyakan orang, tak terkecuali anak muda atau milenial. Namun sebagai generasi yang pada umumnya belum memiliki mobil pribadi, keinginan ini harus diiringi dengan pengetahuan yang cukup mengenai berbagai cara membeli mobil baru.

Secara umum seperti membeli barang pada umumnya, membeli mobil juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara cash atau tunai, maupun kredit. Hanya saja karena harga mobil yang mencapai ratusan juta membuat kebanyakan orang membeli mobil dengan cara kredit.


Deputy Director BCA Finance, Carolina Lukito mengungkapkan keterbukaan dari penyedia kredit bisa dijadikan salah satu patokannya. Dari hal ini maka proses kredit sebelum dan sejak berjalan tidak akan membuat kaget karena prosesnya yang transparan.

"Di kami ada openess keterbukaan, artinya semua hitungan itu kami bisa buka," kata Carolina kepada detikFinance, Kamis (25/4/2019).

Untuk itu BCA Finance adalah salah satu penyedia kredit mobil yang menyediakan aplikasi, yaitu BCA Finance. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan simulasi sebagai gambaran proses kredit yang akan diambil.

"Dengan apps itu saya sebagai calon konsumen bisa melakukan simulasi sendiri, saya bisa otak-atik masukan OTR berapa, DP berapa, cicilan saya untuk tenor 1, 2, hingga 6 tahun itu berapa," katanya.

"Jadi saya bisa saja punya uang total DP berapa dengan angsuran berapa, karena milenial sekarang kan begitu ya, kalau dia mau beli kendaraan yang dilakukan akan membandingkan city car yang A atau B bedanya apa dibandingkan," sambungnya.

Selanjutnya ketika hendak mengambil kredit, harus juga memperhatikan besaran dana yang akan dikeluarkan. Tidak hanya saat pembayaran uang muka, milenial juga harus memperirakan besaran biaya keseluruhan sampai tenor kredit selesai.

"Sebenarnya yang perlu dihitung itu adalah konsumen harus melihat berapa total bayar yang dikeluarkan selama kredit," jelasnya.

Total bayar=total bayar pertama+angsuran dikalikan jumlah bulan masa kredit.

Setelah itu, satu hal yang tidak bisa diabaikan dalam mengambil kredit mobil juga adalah bunga. Bukan hanya besarannya, milenial pun sebaiknya tahu apakah bunga tersebut stabil sampai masa tenor habis atau justru berkemungkinan meningkat.

"Selain bunga pastinya ya juga biaya-biaya. Biaya kompoen apa saja. Kalau kredit kami pakainya bunga flat, jadi langsung mengikat stabil," ujarnya.


Setelah semua hal terkait pembiayaan kredit dipahami, ada baiknya mengunjungi juga pameran-pameran mobil. Selain menambah pengetahuan tentang mobil, di pameran juga adalah momen yang tepat karena biasanya pabrikan mobil menawarkan berbagai promo menarik.

"Saya rasa IIMS ini merupakan momen yang tepat untuk mencari kendaraan, karena promonya banyak sekali. Dari kami juga sangat mendukung acara ini, sehingga diharapkan ini momen yang paling tepat untuk segera ambil kendaraan. Apalagi menjelang Lebaran," pungkasnya. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed