Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Mei 2019 11:38 WIB

Kumpulkan Ribuan Pelajar, OJK Ajak Siswa Nabung di Bank

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumpulkan 1.500 siswa dari SD hingga SMA di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta, Kamis (2/5/2019). Mereka hadir dalam deklarasi Simpel Day 'Aksi Pelajar Indonesia Menabung".

Aksi ini memiliki tujuan untuk mendorong para siswa menabung. Sementara, OJK bersama industri keuangan telah meluncurkan Simpanan Pelajar (Simpel) yakni tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia. Produk ini merupakan bagian OJK untuk mendorong inklusi keuangan.

Dalam sambutannya, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengatakan, Simpel dan Simpel iB untuk yang syariah telah diluncurkan pada Juni 2015. Tabungan ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Dapat kami sampaikan, kita mengetahui membangun budaya menabung sejak dini, OJK bersama industri perbankan telah inisiasi Simpel dan Simpel iB syariah mulai Juni 2015," katanya di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (2/5/2019).



Sejak diluncurkan, tabungan ini menarik minat banyak siswa. Tirta menurutkan, pada akhir 2018 tercatat sebanyak 304 bank terlibat dalam tabungan ini.

"Dari sisi sekolah 326 ribu sekolah yang bekerja sama dengan bank untuk menyelenggarakan Simpel," ujarnya.

Sementara, dari sisi jumlah rekening mencapai 14 juta rekening dengan nilai Rp 6,64 triliun.

"Upaya penanaman bagi pelajar melalui Simpel dan Simpel iB membutuhkan dukungan dari berbagai pihak," ujarnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com