Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 11 Mei 2019 03:11 WIB

Masuk Ramadhan, Sudah Mempersiapkan 3 Biaya Ini? (3)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Biaya Buka Puasa Bersama sudah dibahas di artikel pertama, sementara Biaya Salam Tempel juga sudah dibahas di artikel kedua. Lalu biaya apa lagi yang harus anda persiapkan dalam menyambut Ramadhan ini agar keuangan tidak bocor dan berantakan?

3. Biaya Setelah Lebaran
Hal yang penting namun sering dilupakan adalah biaya setelah lebaran. Ingat, kehidupan anda tidak selesai pada hari lebaran saja. Tetapi anda akan kembali ke perantauan dan membutuhkan biaya untuk melanjutkan kehidupan.

Kebanyakan orang yang tidak mempersiapkan dana ini kemudian terpaksa mengambil dana cadangan atau dana daruratnya untuk membiayai kebutuhan sehari-hari sambil berharap-harap cemas dana yang ada bisa cukup sampai dengan tanggal gajian.

Tapi bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki dana cadangan?. Ya terpaksa menggadaikan barang atau ngutang dari pihak yang bisa memberikan pinjaman yang mudah dan cepat sampai dengan tanggal gajian.

Padahal, anda juga tahu bahwa jenis pinjaman yang mudah dan cepat cair adalah jenis pinjaman yang memiliki beban bunga cukup tinggi bilamana anda telat membayar pinjamannya. Masa iya setelah lebaran dosa kembali nol, tapi saldo sudah minus bahkan ngutang?.

Oleh karenanya, penting bagi anda bukan hanya mempersiapkan dana mudik, tetapi mempersiapkan juga biaya setelah mudik. Coba sekarang lihat, dari sejak saat musim lebaran dan mudik usai, berapa lama lagi sampai ke tanggal gajian?.

Bila sudah terlihat "hilal" gajiannya, maka sisihkan terlebih dahulu uang yang cukup untuk membiayai anda dan keluarga untuk hidup setelah lebaran sampai dengan tanggal gajian tersebut. Setelah menyisihkan di awal, maka gunakan sisanya untuk biaya-biaya lainnya dan mudik adalah salah satunya. Mudah, kan?

Tapi tentunya, hal-hal tersebut tidak akan berjalan dengan baik bila anda hanya sekadar tahu saja. Setelah tahu, anda perlu melakukan perencanaannya dan setelah anda melakukan perencanaannya, yang perlu anda lakukan adalah disiplin dengan rencana yang telah anda buat.

Cara buat rencananya bagaimana? Belajar donk di workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning selain itu ada workshop Intermediate Financial Planning dan Advance Financial Planning.

Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket).

Hanya di bulan Ramadan saja (1x setahun) juga akan dibuka workshop Perencanaan Keuangan Syariah, info bisa dibuka di sini.

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar keuangan" atau klik ini.

Namun santai saja, Ramadhan masih cukup lama, begitupun lebaran. Anda masih memiliki waktu untuk mempersiapkan semuanya. Tidak perlu terburu-buru dalam melakukan perencanaan, sehingga anda bisa memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang harus anda prioritaskan.

Chao! (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed