Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 12:42 WIB

Belanja Pakai Kartu Kredit Diprediksi Naik 10% Jelang Lebaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ramadhan hingga menjelang Lebaran transaksi belanja diprediksi mengalami peningkatan. Tren peningkatan terjadi pada transaksi tunai maupun kartu kredit.

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta menjelaskan setiap tahun khususnya Ramadhan dan jelang Lebaran terjadi kenaikan transaksi kartu kredit. Dia mengatakan biasanya masyarakat menggunakan kartu kredit untuk keperluan belanja di supermarket, department store dan restoran.

"Seperti biasa menjelang hari raya, secara umum transaksi akan meningkat dan begitu juga transaksi kartu kredit," kata Steve saat dihubungi detikFinance, Senin (13/5/2019).


Steve mengatakan transaksi ini akan terus mengalami peningkatan dan perubahan. Hingga Lebaran, yang diperkirakan meningkat adalah transaksi perhotelan dan maskapai serta hal yang berkaitan dengan perjalanan dan liburan.

"Untuk tahun ini kita perkiraan kenaikan transaksi sebesar 7-10% di bandingkan rata-rata bulan bulan biasanya," ujar Steve.


Berdasarkan data statistik alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) Bank Indonesia (BI) jumlah kartu kredit yang beredar hingga Maret 2019 tercatat 17,18 juta keping.

Kemudian untuk total transaksi kartu kredit periode Maret 2019 volumenya tercatat 28,23 juta dengan nominal Rp 28,09 triliun. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed