Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 14:00 WIB

Kartu Kredit Jadi Primadona Beli Baju Lebaran hingga Tiket Pesawat

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Setiap Ramadhan hingga menjelang Lebaran transaksi kartu kredit mengalami peningkatan. Transaksi yang terjadi mulai dari belanja pakaian hingga kebutuhan pokok sehari-hari.

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AAKI) Steve Marta mengatakan paling banyak nasabah menggunakan kartu kredit untuk belanja di supermarket yakni belanja kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga usai Lebaran.

"Lalu juga akan terjadi peningkatan transaksi department store, orang beli baju baru untuk lebaran hingga transaksi di restoran," ujar Steve saat dihubungi detikFinance, Senin (13/5/2019).


Dia mengungkapkan, setelah Lebaran juga masih akan terjadi peningkatan transaksi. Hal ini karena masa liburan panjang anak sekolah hingga para pekerja.

"Kan setelah lebaran ada musim liburan, biasanya transaksi akan naik ya untuk beli tiket pesawat, booking hotel atau hal yang berkaitan dengan wisata dan liburan seperti di gerai oleh-oleh," jelas dia.

Direktur Bank Rakyat Indonesia (BRI) Handayani menjelaskan transaksi kartu kredit di BRI diprediksi mengalami kenaikan hingga 25% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini karena konsumsi puasa atau lebaran akan meningkat.

"Apalagi dengan periode liburan anak sekolah yang bersamaan pasti akan ada peningkatan," jelas dia.


Berdasarkan data statistik alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) Bank Indonesia jumlah kartu kredit yang beredar hingga Maret 2019 tercatat 17,18 juta keping.

Kemudian untuk total transaksi kartu kredit periode Maret 2019 volumenya tercatat 28,23 juta dengan nominal Rp 28,09 triliun. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed