Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Mei 2019 12:52 WIB

Begini Cara Siasati Bukber Biar Nggak Boros

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Ilustrasi Bukber (Angga Aliya ZRF Firdaus/detikFinance) Foto: Ilustrasi Bukber (Angga Aliya ZRF Firdaus/detikFinance)
Jakarta - Memasuki bulan puasa ajakan buka bersama alias bukber banyak menghampiri. Terkadang mengiyakan ajakan bukber membuat keuangan menjadi oleng.

Lalu bagaimana cara ikut bukber tapi nggak bikin dompet bocor?

Perencana keuangan Aidil Akbar mengatakan bahwa pada prinsipnya bukber menurutnya adalah silaturahmi. Untuk itu yang pertama harus diperhatikan adalah harus bisa memilah ajakan bukber.

"Iya begini bukber itu kan ajang silaturahmi ya, datang ya untuk silaturahmi ya. Lalu kalau tidak ada urgensinya ya lebih pilih-pilih aja mana yang harus didatangi, misalnya reuni teman lama kuliah, sekolah, atau mungkin keluarga, kalau kaya cuma teman kantor ya nggak usah lah tiap hari ketemu kan," ungkapnya kepada detikFinance, Selasa (14/5/2019).


Selanjutnya, kalau menurut Aidil yang membuat boros saat bukber adalah membedakan buka puasa dan makan malam, sehingga harus dua kali membeli makanan. Aidil menyiasatinya dengan membeli paket makanan yang berisi makanan untuk berbuka dan makan malam.

"Yang biasanya bikin boros itu adalah dia buka puasa dan makan malam beli lagi, lebih baik buka puasa sekalian aja cari paket makanan yang buka puasa, buat batalin sekalian makan malam, nggak makan lagi sampai sahur," ungkap Aidil.

Aidil juga memberikan strateginya saat berbuka, salah satunya adalah untuk sengaja datang telat saat acara bukber, dan berbuka dengan membeli makanan yang terjangkau harganya.

"Ada juga strateginya dengan sengaja aja datang telat, lagipula kan memang kalau misal kita berangkat bukber kan jalan lagi macet tuh, mending kita buka puasa di kantor aja, kan banyak makanan murahnya tuh mungkin warteg atau warung padang," jelas Aidil.

" Orang bukber kan pasti di tempat yang makanannya cukup mahal ya, jadi kita bisa manage uang untuk beli makanan murah," ungkapnya.


Setelah cukup membatalkan puasa barulah berjalan ke lokasi bukber, dengan begitu disana hanya tinggal membeli makanan ataupun minuman yang murah-murah saja sebagai teman ngobrol.

"Habis itu baru jalan ke lokasi, disana tinggal ngopi aja atau pesen makanan kecil yang murah-murah aja buat temen ngobrol," kata Aidil.

"Jadi kita incer bagian silaturahminya aja, bagian nongkrong aja," ungkap Aidil.


Begini Cara Siasati Bukber Biar Nggak Boros
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com