Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 19:40 WIB

100 Titik Penukaran Uang Lebaran Tersebar di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
Foto: Ilustrasi Penukaran Uang (Agung Pambudhy/detokFinance) Foto: Ilustrasi Penukaran Uang (Agung Pambudhy/detokFinance)
Serang - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyediakan 100 titik penukaran uang untuk kebutuhan Lebaran. Diperkirakan kebutuhan uang di wilayah ini sebesar Rp 2,56 triliun dengan kebutuhan penukaran uang bisa mencapai Rp 21,340 miliar.

Pjs Kepala Perwakilan BI Banten Erry P. Suryanto mengatakan, sebanyak 40 titik penukaran dilakukan melalui kas keliling Bank Indonesia maupun kantor bersama perbankan. Sedangkan 60 titik penukaran dilakukan di perbankan dengan layanan yang dilakukan masing-masing bank.

"Pelayanan kepada masyarakat dengan perbankan melalui kegiatan dengan membuka kas keliling di titik keramaian, kantor perbankan dan instansi lain termasuk di jalur mudik," kata Erry saat rilis di Kantor BI Banten di Jl Serang-Pandeglang, Jumat (17/5/2019).


Untuk jadwal penukaran, BI Banten akan bekerja sama dengan 7 perbankan menyediakan penukaran uang. Per orang dibatasi penukarannya hanya sampai Rp 4 juta dengan komposisi pecahan Rp 2 juta pecahan Rp 10 ribu, Rp 1 juta pecahan Rp 5 ribu, dan 1 juta pecahan Rp 2 ribu.

Pada tanggal 23 sampai 28 Mei, penukaran akan dilakukan di Alun-alun Kota Serang. 27-28 Mei di Alun-alun Kota Cilegon yang dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Selain itu melalui program BI menjangkau daerah terluar, penukaran uang dilakukan sampai ke tempat terpencil seperti Bayah, Panimbang dan Cibaliung di Lebak.


Di samping itu juga, BI melalukan kas keliling pada lokasi-lokasi keramaian seperti pasar dan lokasi pasar murah saat Ramadhan yang dilakukan beberapa instansi pemerintahan.

"BI mendorong masyarakat menukarkan uang di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang," paparnya. (bri/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com