Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 10:02 WIB

Ajak Pelajar Menabung, Darmin Panggil Bos OJK hingga Mendikbud

Trio Hamdani - detikFinance
Kemenko Perekonomian/Foto: Puti Aini Yasmin Kemenko Perekonomian/Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pagi ini mengumpulkan sejumlah pejabat dalam rapat koordinasi (rakor) peningkatan tabungan nasional.

Berdasarkan pantauan detikFinance, di kantor Darmin, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019), Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso hadir sekitar pukul 09.07 WIB. Rencananya rapat juga dihadiri oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na'im dan sejumlah direksi bank.

Rakor ini merupakan tindak lanjut dari Acara Simpel Day 2019. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengumpulkan 1.500 siswa dari SD hingga SMA di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta, Kamis (2/5/2019) lalu. Mereka hadir dalam deklarasi Simpel Day 'Aksi Pelajar Indonesia Menabung'.


Aksi ini memiliki tujuan untuk mendorong para siswa menabung. Sementara, OJK bersama industri keuangan telah meluncurkan Simpanan Pelajar (Simpel) yakni tabungan untuk siswa yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia. Produk ini untuk mendorong inklusi keuangan.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara mengatakan, Simpel dan Simpel iB untuk yang syariah telah diluncurkan pada Juni 2015. Tabungan ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Sejak diluncurkan, tabungan ini menarik minat banyak siswa. Ada 326.000 sekolah yang menggandeng bank untuk program ini.

"Dari sisi sekolah 326.000 sekolah yang bekerja sama dengan bank untuk menyelenggarakan Simpel," ujarnya.

Sementara, dari sisi jumlah rekening mencapai 14 juta rekening dengan nilai Rp 6,64 triliun. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com