Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 21:30 WIB

Penerima Bansos Bisa Pakai Sidik Jari Cairkan Uang

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan pemerintah akan menerapkan teknologi biometrik untuk keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial pemerintah.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan penerapan biometrik ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat penerima karena tak perlu lagi membawa kartu.

"Sekarang kan masih ada yang menggunakan tanda tangan, nomor PIN. Kadang mereka suka lupa dan tidak selalu hafal. Jadi waktu mereka antre ketika sampai depan ditanya PIN nya mereka lupa," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Selasa (28/5/2019).



Dia menyampaikan dengan biometrik ini nantinya tak perlu lagi ada PIN dan kartu. Jadi menggunakan metode pengenalan wajah, sidik jari hingga pengenalan retina mata.

"Berbagai program itu harus dilakukan segera. Tapi membutuhkan waktu untuk implementasi," ujar dia.

Perry mengungkapkan implementasi biometrik ini sudah dilakukan pilot project untuk penerapannya.

Selain biometrik, BI dan pemerintah juga memperluas program bansos non tunai dan ketersediaan infrastruktur sistem pembayaran, termasuk di wilayah blank spot antara lain menggunakan electronic data capture (EDC) offline atau teknologi VSAT.

Selanjutnya peningkatan edukasi dan pemberdayaan KPM melalui sosialisasi bersama, pelatihan kewirausahaan serta pengelolaan keuangan dalam rangka mendukung kemandirian ekonomi masyarakat.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed