Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 11:05 WIB

Catat! Ini Jadwal Operasional Bank BUMN selama Libur Lebaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Libur lebaran tinggal sebentar lagi. Ini juga akan diikuti oleh layanan perbankan umum. Pasalnya, Bank Indonesia (BI) juga akan libur dan tidak ada transaksi mulai dari kliring sampai real time gross settlement (RTGS).

Tapi agar masyarakat tidak kesulitan untuk bertransaksi perbankan, bank badan usaha milik negara (BUMN) tetap membuka layanan selama libur lebaran ini.

Kapan waktu dan tempatnya? Berikut berita selengkapnya:

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) tetap membuka layanan weekend banking sebanyak 79 outlet yakni beroperasi pada tanggal 1, 2, 8 dan 9 Juni 2019. Corporate Secretary BNI Meiliana menjelaskan di outlet weekend banking ini bisa melayani pembukaan rekening, tarik dan setor tunai, transfer antara rekening BNI.


Selain itu juga ada penampungan bahan bakar minyak (BBM) dan non BBM pertamina hingga menampung setoran penerimaan negara.

"Kemudian pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019 atau ketika cuti bersama berlangsung BNI mengoperasikan 68 outlet untuk memberikan layanan pembukaan rekening, tarik tunai dan setor tunai hingga melayani billpayment," ujar Meili dalam keterangan tertulis.

Meili mengatakan pada Hari Kedua Idul Fitri 2019 pun, atau 6 Juni 2019, BNI masih tetap mengoperasikan 27 outletnya. Namun kali ini hanya dibuka khusus untuk melayani setoran BBM dan NonBBM Pertamina.

"Pada Hari Pertama Libur Lebaran 2019, kami menutup seluruh outlet.



Namun, layanan perbankan tetap dapat diberikan melalui channel-channel elektronik BNI setiap harinya, baik ATM, internet banking, SMS banking, mobile banking, maupun Call Center BNI pada nomor 1500046. Kami sarankan nasabah mengaktifkan seluruh channel-channel elektronik tersebut sebelum mudik dengan mendatangi outlet BNI terdekat. Dengan demikian seluruh channel layanan yang BNI miliki sudah dapat dinikmati setiap saat dan lebih maksimal," ujar dia.

Kemudian PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) selama libur lebaran memastikan nasabah dapat menikmati layanan BRI baik melalui e-channel maupun unit kerja operasional (UKO).

Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI Osbal Saragi mengatakan transaksi tarik tunai tetap bisa dilakukan dengan nyaman di 25.293 unit mesin ATM BRI di seluruh Indonesia atau melalui agen BRILink.

"Sebanyak 462 UKO telah disiapkan selama libur lebaran, 229 UKO di antaranya memberikan layanan operasional terbatas pada tanggal 3, 4, 6 dan 7 Juni 2019. Bank BRI juga memberikan layanan Weekend Banking di 147 UKO di seluruh Indonesia pada tanggal 1, 2, 8 dan 9 Juni 2019," ujar Osbal.

PT Bank Mandiri Tbk juga tetap melayani nasabah dengan mengoperasikan 350 cabang pada periode libur lebaran 1-9 Juni 2019.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas menjelaskan Bank Mandiri tetap akan beroperasi secara terbatas dan melayani nasabah secara bergiliran pada sepanjang musim libur Idul Fitri 1440 H yakni tanggal 1,3, 4, 6, dan 7 Juni 2019, kecuali pada tanggal 5 Juni 2019. Sedangkan pada akhir pekan, yakni tanggal 2, 8 dan 9 Juni 2019 untuk layanan weekend banking perseroan juga tetap beroperasi seperti biasa.



Adapun layanan perbankan terbatas yang akan dilayani cabang antara lain pembukaan rekening, cek saldo, setor tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina.

"Kantor Cabang yang akan operasional memang pada musim liburan Idul Fitri nanti akan lebih banyak berada di luar Jakarta. Hal ini sesuai dengan asumsi bahwa banyak warga Ibukota yang akan mudik ke luar kota pada periode tersebut.

Misalnya pada Kamis (6/6), di mana kemungkinan menjadi Idul Fitri hari kedua, kantor cabang di Jakarta yang operasional hanya ada 5 cabang, dibandingkan dengan 13 cabang di Jawa Tengah dan 16 cabang di Jawa Timur," kata Rohan.

Selanjutnya PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) juga akan memberikan layanan selama cuti bersama dan sesudah lebaran terhitung tanggal 3 Juni hingga 9 Juni 2019.

Sejumlah kantor cabang BTN akan melayani secara terbatas selama libur lebaran. (kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed