Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Mei 2019 13:42 WIB

Seberapa Penting Asuransi Kendaraan Selama Mudik?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Musim mudik tinggal sebentar lagi. Banyak persiapan yang harus dilakukan mulai dari biaya, kesehatan sampai oleh oleh. Agar mudik lebih aman dan nyaman, bisa juga disiapkan asuransi untuk perjalanan.

Chief Executive Officer Adira Insurance Julian Noor menjelaskan asuransi untuk mudik ini bisa mengurangi biaya tambahan, karena tak perlu ada biaya tak terduga untuk risiko yang timbul selama perjalanan.

"Dengan asuransi risiko yang mungkin terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi. Misalnya untuk kendaraan, pasti sudah dibayarkan premi setiap bulan atau setiap tahun untuk menjaga kendaraan itu, jadi tak perlu dana tambahan jika terjadi hal yang tak diinginkan," ujar Julian dalam siaran pers, Rabu (29/5/2019).


Menurut Julian, jika punya asuransi kendaraan dan terjadi kecelakaan atau hal darurat, maka penanganan lebih mudah dilakukan dan lebih cepat diselesaikan.

Julian melanjutkan, pemudik juga perlu memiliki asuransi kendaraan karena rawan terjadi kecelakaan. Dia mengatakan, volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga membuat jalanan semakin padat dan tingkat kecelakaan meningkat. Kementerian Perhubungan mencatat, kasus kecelakaan di jalur darat mencapai 1.289 kasus pada 2016 lalu.

Tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik juga menjadi penyebab seseorang harus memiliki asuransi kendaraan. Kendaraan bermotor menjadi salah satu barang yang kerap hilang karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Mereka umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri.


Asuransi bisa menjadi jawaban dari risiko ini karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik adalah karena tingkat kerusakan kendaraan yang tinggi. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi.

"Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact center Adira Care 1500 456 dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia," kata Julian.

Selain itu, Adira Insurance juga berkoordinasi dengan Autocillin Garage yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan kendaraan yang akan masuk bengkel karena kecelakaan atau berbagai risiko saat mudik lainnya. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim untuk melihat Autocillin Garage terdekat dari lokasi pemudik. (kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com