Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 12:15 WIB

RUPS Bank Jatim Tunjuk Dirut Baru

Amir Baihaqi - detikFinance
Foto: Amir Baihaqi/detikcom Foto: Amir Baihaqi/detikcom
Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Jatim memutuskan Hadi Santoso sebagai Direktur Utama (Dirut) baru menggantikan Dirut sebelumnya R Soeroso. Sebelumnya Hadi menjabat Direktur Kepatuhan dan Human Capital Bank Jatim.

Dalam Hadi mengatakan dalam kepemimpinannya, ia akan membawa sejumlah konsep untuk membawa Bank Jatim semakin berjaya ke depannya. Menurutnya ada empat konsep yang akan dilaksanakan setelah penunjukannya.

"Jadi yang pertama kita harus merevolusi pegawai yang selama ini kurang pelatihan kurang pendidikan ini sudah kami bikinkan range-range-an mana yang masuk pendidikan untuk menunjang keahliannya," kata Hadi saat jumpa pers di kantor Bank Jatim kepada awak media, Rabu (19/6/2019).

Kedua, lanjut Hadi, ia memprioritaskan penyelesaian kredit-kredit macet. Meskipun diakui berat namun ia sudah bertekad menyelesaikan dan telah menyuapkan beberapa solusi.

"Menyelesaikan kredit-kredit bermasalah yang sampai saat ini berat dan sulit. Kami sudah bicarakan dengan direktur yang lain bahwa kami akan menjual. Kita jual kredit-kredit yang bermasalah tapi itu prosesnya memang panjang karena prosesnya memang harus di-diligent dulu. Tapi sudah kami mulai selain harus ekspansi kredit yang harus prudent namun signifikan besarnya kalau tidak maka tidak akan bisa nutupi yang namanya target-target yang dibebankan kepada kami," jelas Hadi.


Sedangkan ketiga, Bank Jatim berkomitmen akan terus meningkat kredit UKM melalui KUR. Dari konsep yang dipaparkan, Hadi berencana menyederhanakan sejumlah konsep yang ada. Sehingga pada pelaksanaan akan mudah dilakukan.

"Ketiga kredit untuk UKM itu tetap akan kita tingkatkan itu melalui KUR mungkin nanti semacam low agreement dan model-model yang lain. Kita ini sebetulnya sudah banyak punya model kecil namun karena saking banyaknya sehingga sulit untuk dilaksanakan semuanya maka kami akan sederhanakan sehingga pelaksanaannya makin mudah," urainya.

Terakhir, imbuh Hadi, Bank Jatim juga telah menyiapkan strategi dalam menghadapi digitalisasi perbankan dan industri 4.0. Untuk itu, pihak Bank Jatim dalam RUPS telah menunjuk langsung dua pegawai Bank BRI untuk memperkuat digital bank for 4.0

"Terakhir untuk menyambut digital banking for 4.0 kami akan tetap berupaya mengikuti perkembangan itu. Makanya bank Jatim menggandeng Bank Rakyat Indonesia ada dua Pak Busrul Ima ini yang ada di pimpinan wilayah Surabaya bergeser sedikit. Yang satu Pak Sigit yang ada di Kanwil Jakarta," terangnya.

Adapun sejumlah direksi baru dari hasil RUPS Bank Jatim 2019 yakni Dirut Hadi Santoso, Direktur Komersial dan Korporasi Busrul Ima, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Erdianto Sigit, Direktur Konsumer, Ritel dan Usaha Syariah Elfaurid Aguswantoro, Direktur Keuangan Ferdian Timur Satyagraha, Direktur Resiko Bisnis Rizyana Mirda.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com