Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Jul 2019 11:35 WIB

Lagarde Mundur dari Bos IMF untuk Jadi Presiden Bank Sentral Eropa

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Christine Lagarde/Foto: Dana Aditiasari/detikFinance Christine Lagarde/Foto: Dana Aditiasari/detikFinance
Jakarta - Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde dicalonkan menjadi Presiden Bank Sentral Eropa. Lagarde akan menjadi wanita pertama yang memimpin lembaga keuangan dan moneter di Eropa itu.

Mengutip CNN Business, Rabu (3/7/2019), parlemen Eropa mengumumkan Lagarde dipilih untuk menggantikan posisi Mario Draghi yang masa jabatannya berakhir pada Oktober mendatang.

Lagarde merupakan wanita dengan kemampuan berpolitik yang cerdas dan memiliki prestasi gemilang. Ketua parlemen Eropa Donald Tusk menyebut Lagarde akan menjadi Presiden Bank Sentral Eropa yang sempurna. Wanita berkebangsaan Prancis ini akan segera mencopot jabatannya di IMF.


Selain Lagarde, perdana menteri Belgia terpilih menjadi Dewan Eropa. Kemudian Josep Borrel Fontelles diangkat menjadi Kepala Kebijakan Luar Negeri lembaga tersebut.

Pengganti Draghi memang akan mendapatkan warisan kondisi yang sulit, misalnya pertumbuhan ekonomi global yang melemah. Saat konferensi G-20 Lagarde telah menyampaikan jika ekonomi global telah mencapai titik yang sulit untuk tumbuh.

"Investasi telah melemah dan perdagangan juga melambat. Selain itu pertumbuhan ekspor dan impor mencapai level terendah sejak krisis keuangan (pada 2008)," ujar Lagarde.


Dia menyebutkan hal itu membutuhkan tindakan nyata dari bank sentral.

Sebelumnya Draghi mengungkapkan, bulan lalu bank sentral membuka peluang untuk memberikan stimulus moneter jika kondisi ekonomi Eropa tak kunjung membaik. Bisa berupa pemangkasan suku bunga atau pelonggaran kebijakan lain.

Simak Video "Sri Mulyani Bicara Soal Bos IMF Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com