Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 13:57 WIB

Hingga Juli, Modal Asing Masuk RI Tembus Rp 170 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia pada 4 Juli 2019 sebesar Rp 170,1 triliun. Angka ini terus meningkat dari bulan ke bulan.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan aliran modal asing tersebut paling banyak masuk ke surat berharga negara (SBN) sebanyak Rp 98,5 triliun dan saham Rp 71,5 triliun.

"Ada aliran modal asing besar yang masuk hingga 4 Juli 2019, ini karena pada lelang SBN yang terakhir terjadi oversubscribe atau kelebihan permintaan," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (5/7/2019).


Dia mengungkapkan masuknya modal asing ini menunjukkan kondisi pasar dan investor mulai confidence kepada prospek ekonomi. Lalu kebijakan yang ditempuh BI, OJK dan pemerintah turut mendorong perbaikan perekonomian.

Perry memang investor asing saat ini memperhatikan earning dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sentimen yang besar memang masih dari sisi saham, kalau dari fixed income mereka melihat diferensial return-nya masih menarik karena rate-nya positif," jelas dia.

Berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) dolar AS tercatat Rp 14.148 menguat dibandingkan periode hari sebelumnya Rp 14.106. Sementara berdasarkan data Reuters dolar AS tercatat Rp 14.130.



Simak Video "BI Turunkan Suku Bunga, Ketua Umum Kadin Respon Positif"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed