Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 12:09 WIB

DPR Minta Masukan PPATK untuk Pemilihan Destry Jadi DGS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Komisi XI DPR RI hari ini menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait pemilihan Destry Damayanti sebagai calon Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI).

Dari pantauan detikFinance, RDP dihadiri oleh Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR dari dari Fraksi PAN, Achmad Hafisz Thohir.

Sebelumnya DPR telah menggelar fit and proper test dengan Destry pada Senin, 1 Juli 2019. Kemudian DPR juga sudah menggelar RDP dengan sejumlah lembaga terkait seperti Badan Intelejen Nasional (BIN), Himpunan bank milik negara (Himbara), dan perhimpunan bank-bank umum nasional (Perbanas) dan hari ini dengan PPATK.

Setelah fit and proper test dan rangkaian permintaan pendapat dari sejumlah lembaga. Pembahasan pemilihan Destry rencananya akan digelar esok hari (11/7/2019).


Sebelumnya Wakil Ketua Komisi XI DPR Soeprayitno mengungkapkan nasib Destry bisa diputuskan setelah pertemuan dengan PPATK. "Jadi bisa Rabu keputusannya, paling lambat Kamis," ujar dia, kemarin.

Nasib Destry diputuskan musyawarah dan mufakat. Masing-masing fraksi di Komisi XI DPR RI menyampaikan pandangannya terhadap pencalonan Destry.

"Kita kan skemanya dulu musyawarah mufakat ya. Kalau sudah di situ ya sudah, nggak perlu voting," ujarnya.

Pihaknya mengatakan bahwa semua fraksi menerima pencalonan Destry sebagai DGS BI.

"Dari semua tamu yang kita undang, mereka semua cenderung bisa menerima Destry. Kan tapi kita kembalikan lagi ke fraksi-fraksi," tutupnya.



Simak Video "Sah! Destry Damayanti Jabat Deputi Gubernur Senior BI"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com