Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 17:41 WIB

DPR Beberkan Alasan Pilih Destry Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Komisi XI DPR RI telah sepakat menyetujui Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) menggantikan Mirza Adityaswara.

Ketua komisi XI Melchias Marcus Mekeng menjelaskan dari 10 fraksi ada 9 fraksi yang hadir dan seluruhnya menerima secara utuh Destry Damayanti.

"Proses kita itu tadi rapat internal dan masing-masing fraksi setuju. Dari 10 fraksi hadir 9 dan semuanya menerima," kata Mekeng di komisi XI, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Mekeng mengungkapkan alasan seluruh fraksi setuju karena Destry sudah memenuhi kriteria sebagai DGS.

Dia mengungkapkan dengan terpilihnya Destry sebagai DGS BI bisa mendorong perekonomian dan investasi serta memperdalam produk keuangan.


"Kita harap Bu Destry tidak jaga jarak dengan pasar dan perbankan BUKU I, II, III dan IV," jelas dia.

Sebelumnya Destry sudah menjalani rangkaian fit and proper test dengan komisi XI DPR RI pada Senin (1/7) lalu. Dalam rapat Destry mendapatkan banyak pertanyaan mulai dari visi misi, nilai tukar rupiah, Undang-undang lalu lintas devisa hingga perkembangan cryptocurrency.

Dalam paparannya, tema yang dibawa Destry adalah 'Menjadi Bank Sentral yang Adaptif dan Inovatif'. Menurutnya, saat ini bank sentral perlu bersikap inovatif dan adaptif dalam menghadapi kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian dan volatilitas yang tinggi.

Destry sendiri bukanlah orang baru di sektor keuangan. Sebelum menjadi Anggota DK LPS, Destry pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Mandiri Institute dan Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK.



DPR Beberkan Alasan Pilih Destry Jadi Deputi Gubernur Senior BI


Simak Video "Yang Hyun Suk Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba B.I"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com