Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 10:10 WIB

Mulus di DPR, Destry Damayanti Jadi DGS BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
2 Jangan Berjarak dengan Bank
Halaman 3 dari 4
Foto: Agung Pambudhy

Ketua komisi XI Melchias Marcus Mekeng mengungkapkan ada beberapa pesan dan harapan untuk Destry. Dia mengharapkan Destry bisa turut membantu untuk mendorong perekonomian di dalam negeri.

Menurut dia saat Ini Indonesia membutuhkan investasi dari luar negeri. "Saat ini BI memiliki peranan besar untuk memperdalam produk keuangan, surat berharga hingga milik korporasi," kata Mekeng di komisi XI, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Dia mengatakan hal tersebut bisa dilakukan BI sebagai market maker. Sehingga orang-orang mau memasukkan uang ke Indonesia dalam bentuk foreign direct investment (FDI) atau portofolio investasi.

Mekeng menambahkan, Destry juga diharapkan tidak menjaga jarak dengan pasar. "Kita harap Bu Destry tidak jaga jarak dengan pasar dan perbankan BUKU I, II, III dan IV," jelas dia.

"Agar dia bisa melakukan komunikasi yang baik dengan pasar dan bisa melakukan komunikasi yang baik dengan perbankan BUKU I, II, III, IV sehingga bisa menyerap aspirasi dunia perbankan," sambungnya.

Kemudian terkait suku bunga acuan, BI harus merespons cepat dengan kebijakan agar tak terjadi capital outflow.

"Tapi kalo negara lain melakukan penurunan suku bunga sebaiknya kita melakukan hal yang sama," jelas dia.

Dia menambahkan, nantinya Destry diharapkan bisa bekerja out of the box jadi dia tidak hanya bekerja sebagai birokrat yang duduk di dalam kantor dan tidak melakukan kebijakan untuk memperdalam produk keuangan atau memperbaiki moneter di Indonesia.


(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com