Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 13:17 WIB

AS Usut Keterlibatan Deutsche Bank di Skandal 1MDB

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: DW (News) Foto: DW (News)
Jakarta - Bank asal Jerman, Deutsche Bank benar-benar dalam kondisi buruk. Belum selesai urusan penyelamatan perusahaan, kini Deutsche Bank dihadapkan pada masalah baru.

Deutsche Bank kini sedang diperiksa terkait keterlibatannya dalam skandal mega korupsi 1Malaysia Development Berhard (1MDB).

Mengutip CNN, Jumat (12/7/2019), Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) telah mengungkap peran Goldman Sachs dalam korupsi miliaran dolar ini. Sekarang, penyelidik sedang memeriksa pemberi pinjaman, yakni Deutsche Bank.

The Wall Street Journal melaporkan, Rabu lalu, agen AS sedang menyelidiki apakah bank asal Jerman ini terlibat korupsi atau undang-undang anti pencucian uang terkait kekayaan Negeri Jiran tersebut.


Departemen Kehakiman sendiri mengklaim, adanya penyalahgunaan dana US$ 4,5 miliar dari 1MDB untuk membeli perhiasan, real estat, serta mendanai suap untuk kepada pejabat asing.

Sementara, 1MDB mendapat pinjaman senilai US$ 1,2 miliar dari konsorsium bank yang dipimpin oleh Deutsche Bank pada tahun 2014. Lebih dari US$ 850 juta diduga dialihkan menurut dokumen pengadilan yang sebelumnya diajukan oleh jaksa AS. Hubungan bank Jerman ini dengan 1MDB kembali ke 2009 menurut dokumen.


Deutsche Bank dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama sepenuhnya dengan regulator dan penegak hukum yang telah melakukan penyelidikan terkait 1MDB.

Sebagai tambahan, Deutsche Bank saat ini dalam kondisi sulit untuk membangkitkan bisnisnya. Bank Jerman itu baru saja mengumumkan pemangkasan sebanyak 18.000 karyawan.

Simak Video "Malaysia Geber Pemeriksaan Najib"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com