Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 19 Jul 2019 14:17 WIB

Cabai Merah Bayangi Inflasi Juli

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi di Juli 2019 akan berada di level 0,2% secara month to month. Sementara secara year on year diperkirakan di posisi 3,2%.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, prediksi inflasi itu berdasarkan hasil pemantauan harga yang dilakukan BI sampai dengan minggu ketiga Juli. Inflasi itu disumbang oleh beberapa komoditas, seperti cabai merah.

"Inflasi tercatat di beberapa komoditas cabai merah itu relatif besar sumbangannya 0,15%. Kemudian sumbangan cabai rawit 0,1%, emas perhiasan 0,02%," ujarnya di Komplek Gedung BI, Jakarta, Jumat (19/7/2019).



Meski begitu, BI memantau ada beberapa komoditas yang tercatat mengalami deflasi. Beberapa di antaranya seperti bawang merah hingga angkutan antar kota.

"Kalau yang turun beberapa komoditas seperti tarif angkutan antar kota turun 0,08%, lalu bawang merah 0,05%, daging ayam ras 0,03%," tambah Perry.

Menurutnya secara keseluruhan inflasi di Juli akan lebih rendah dibanding 2 bulan sebelumnya. Meskipun tingginya inflasi di Mei dan Juni merupakan siklus tahunan karena adanya Ramadhan dan Lebaran.

"Tapi di Juli ini mulai kembali normal. Di akhir tahun Insyaallah masih di bawah 3,5% plus minus 1%," tutupnya.



Cabai Merah Bayangi Inflasi Juli


Simak Video "JK Tampung Keluhan Kepala Daerah soal Transportasi "
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com