Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 20 Jul 2019 14:25 WIB

BI Pelototi Gangguan Sistem di Bank Mandiri

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sejumlah nasabah PT Bank Mandiri Tbk mengalami perubahan saldo di rekeningnya hari ini. Hal ini terjadi karena adanya gangguan sistem IT Bank Mandiri saat proses tutup buku.

Menanggapi hal tersebut, selaku regulator sistem pembayaran Bank Indonesia (BI) saat ini juga melakukan pemantauan terhadap gangguan sistem ini.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko meminta kepada nasabah untuk tidak panik. Dia mengimbau nasabah agar segera menanyakan ke bank terkait tindak lanjut rekeningnya.

"Kami meneliti dan memantau, biasanya ada sistem recovery dan jangka waktunya. BI melihat ada ketentuan dan mitigasi risiko dan dispute resolution ada prosedurnya untuk mengatasi hal tersebut. Kalau ada sanksi ya tergantung kondisinya," kata Onny di Cafe Rumah Pohon, Medan, Sabtu (20/7/2019).


Onny mengungkapkan saat ini pihak Bank Mandiri telah berkomunikasi dengan BI terkait masalah ini. "Saat ini kan sedang diatasi, mudah mudahan cepat selesailah, kalau bank besar harus baik sistemnya," jelas dia.

Dia mengatakan Bank Mandiri juga telah melaporkan data nasabah dijamin aman. Karena itu masyarakat diminta untuk tidak termakan informasi yang berlebihan.

Sebelumnya, Bank Mandiri berjanji untuk dapat mengembalikan saldo nasabah yang mengalami perubahan dalam dua jam. Saat ini proses normalisasi sedang dilakukan.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan gangguan ini terjadi pada sistem IT Mandiri saat proses tutup buku di akhir hari.

"Kejadian ini adalah error daripada sistem di IT waktu proses akhir hari di-backup," kata Rohan di Plaza Mandiri, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).




BI Pelototi Gangguan Sistem di Bank Mandiri
(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com